Sangat menjengkelkan bukan ketika tiba-tiba banyak orang menjauhi Anda karena bau badan? Bau badan disebabkan banyak faktor, salah satunya adalah keringat yang menempel dalam waktu lama. Keringat akan membawa bakteri yang secepat kilat berkembang saat tidak dibersihkan. Maka terjadilah proses bau badan.

Hidup sehat lawan bau badan

Untuk menangkalnya, Anda bisa menggunakan deodoran pada ketiak Anda sebelum memulai aktivitas. Selain itu, mandi minimal 2 kali sehari bisa mengguyur bakteri-bakteri pembuat bau dengan menggunakan sabun. Namun, masih saja banyak orang yang mengalami bau badan meski sudah mandi ataupun menggunakan deodoran.

Bahan alami yang mampu menangkal bau badan

Ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menangkal bau badan Anda. Berikut bahan-bahan yang bisa Anda gunakan:

  • Temulawak

Selain berfungsi mencerdaskan otak dan merangsang nafsu makan, temulawak bisa dijadikan bahan penangkal bau badan. Caranya adalah dengan meminum air perasan temu lawak yang bisa dicampur dengan madu. Bahan ini mempunyai kandungan minyak atsiri dan senyawa lainnya yang bisa membuat bau badan enggan mampir ke tubuh Anda.

  • Mentimun

Bahan ini memang sangat berkhasiat bagi tubuh. Kandungannya yang segar dan sejuk bisa membuat Anda lebih rileks. Ternyata bahan ini bisa membasmi bakteri penyebab bau badan. Caranya adalah dengan mengaplikasikan mentimun sebagai masker ketiak. Dengan penggunaan 2 kali seminggu, Anda bisa terbebas dengan bau badan yang menjengkelkan.

  • Cengkeh

Kandungan minyak atsirinya sudah tidak asing lagi. Hal ini juga yang menjadikan cengkeh sebagai salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya adalah dengan merebus cengkeh hingga mengembang, lalu minum air rebusan tersebut 2 kali dalam sehari secara rutin.

Ada pula jahe yang bisa membuat Anda terbebas dari bau badan sekaligus menghangatkan. Wedang jahe bisa menjadi pilihan ketika bahan-bahan di atas tidak bisa Anda temukan. Kandungan jahe bermanfaat dalam membersihkan tubuh dari bakteri pembuat bau badan.

Meskipun begitu, Anda tetap harus menjaga pola hidup agar terjaga dari bau badan. Jika Anda tipe orang yang mudah berkeringat, maka seringlah mengganti pakaian Anda. Jangan biarkan keringat Anda menempel dalam waktu yang lama.

Author