Masalah yang sering dimiliki oleh anak muda zaman sekarang yaitu mereka tidak nyaman atau tidak menikmati pekerjaan mereka masing-masing. Tahukah Anda bahwa merasa tidak nyaman terhadap pekerjaan yang dijalani, dapat membahayakan kesehatan, loh!

Bahaya Kesehatan Jasmani dan Rohani

Apabila Anda merasa tertekan dan tidak nyaman dengan pekerjaan yang sedang dijalani saat ini, kesehatan mental Anda akan terganggu. Anda akan merasakan depresi yang berlebihan sehingga Anda selalu mengerjakan pekerjaan tersebut di bawah tekanan.

Ketika Anda merasa depresi yang berkepanjangan, hal ini akan berpengaruh pada penurunan sistem imunitas tubuh. Ketika sistem imunitas tubuh berkurang, resiko tertularnya penyakit akan lebih besar.

Keterkaitan antara kesehatan mental dengan kesehatan tubuh merupakan dua hal yang saling terkait dan tak bisa dipisahkan. Apabila Anda merasa tertekan, kesehatan tubuh juga akan terasa demikian.

Cara Mengatasinya

Well, setiap pekerjaan pastilah memiliki tekanan tersendiri. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui dengan pasti mengenai cara mengatasi masalah tersebut dengan benar. Adapun cara mengatasi ketidaknikmatan pekerjaan, yaitu:

  • Pelajari lebih dalam mengenai hal apa yang membuat Anda tertekan dalam pekerjaan. Jika memang hal ini terkait dengan pekerjaan, Anda bisa membicarakannya dengan atasan untuk mendapatkan kecerahan mengenai hal ini.
  • Carilah pelampiasan stres yang positif. Jangan sampai Anda melampiaskan rasa stres dengan memakan junk food, minum alkohol, merokok, ataupun aktivitas negatif lainnya. Melampiaskan dengan aktivitas negatif hanya akan membuat Anda memiliki resiko penyakit lebih tinggi dari sebelumnya. Lampiaskanlah dengan melakukan kegiatan positif untuk mengembangkan diri.
  • Carilah waktu untuk memanjakan diri sendiri. Meskipun Anda tidak memiliki waktu libur yang lama, Anda masih tetap bisa memanjakan diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai. Apabila Anda suka memanjakan diri dengan menonton film, Anda bisa pergi ke bioskop pada hari minggu, dan seterusnya.

Dengan melakukan cara-cara tersebut, Anda akan terhindar dari berbagai macam resiko penyakit. Jangan sampai pekerjaan yang sedang dijalani menjadi salah satu faktor perasaan depresi Anda meningkat.

Author