Suara burung merdu masih mempunyai murai batu sebagai burung kicau termahal saat ini. Burung ini memiliki nilai jual yang fantastis terlebih sudah memiliki sertifikat dan kejuaraan burung kicau. Harga burung ini memang sangat mahal, bahkan bisa ditukar dengan rumah sederhana. Meskipun begitu, burung ini menjadi primadona.

Selain Murai Batu

Cucak rowo menyusul diperingkat kedua setelah murai batu. Ada sekitar 5 jenis burung ini di antaranya adalah cucak rowo Kalimantan, cucak rowo bengkulu, cucak rowo Malaysia, cucak rowo lampung dan cucak rowo Jawa Barat.

Selain kedua burung tersebut ada pula burung kenari yang melegenda. Burung ini masih memiliki penggemarnya. Suara burung yang merdu dari ketiga jenis di atas memang sepadan dengan latihan dan kerja keras mereka. sepadan pula dengan harga yang banyak

Burung Cerdas

Namun, tahukan Anda masih ada beberapa jenis burung yang ternyata tidak hanya merdu suaranya, namun juga cerdas otaknya:

  • Burung jalak

Burung ini memang tidak tergolong punya nama pada burung kicau. Namun, jika Anda memeliharanya dengan ulet dan sabar, burung ini mampu untuk bernyanyi. Suaranya bukan hanya suara kicauan, namun lagu dan suara yang berbeda. Burung ini bahkan memiliki kecerdasan dalam menangkap apa yang diajarkan, oleh sebab itu banyak orang ingin memeliharanya.

Jalak bali adalah salah satu burung jalak yang cantik penampilannya. Dengan dominasi warna putih, jalak ini tampil memesona.

  • Kakaktua

Sejalan dengan jalak bali, kakatua juga memiliki kecerdasan dalam meniru suara. Dalam memeliharanya, Anda bisa dengan mudah melatihnya untuk meniru kata-kata yang Anda ucapkan secara berulang-ulang.

Uniknya kakatua ini memiliki 4 jari yang menghadap ke depan dan ke belakang. Memiliki beberapa jenis yang bisa dipelihara manusia yaitu kakaktua raja, kakatua putih kecil kakatua kesumba, kakatua alba dan kakatua jambul.

Jika Anda tertarik, kunjungi website https://www.hewanpeliharaan.org untuk melihat berbagai macam-macam ulasan tentang burung. Meskipun bisnis burung menjanjikan, namun untuk merawatnya pun butuh perhatian khusus juga dedikasi waktu dan tenaga yang tulus. Semoga artikel ini bermanfaat.

Author