Bagi sebagian orang, khususnya wanita dan para ibu barang diskon adalah sesuatu yang berharga. Hal tersebut dikarenakan mereka dapat membeli barang dengan lebih murah sehingga sisa uang dapat digunakan untuk hal lain. Nyatanya, belum tentu barang yang didiskon ternyata lebih murah dari harga aslinya. Namun, di Shopfest yang akan diadakan pada akhir tahun nanti, barang yang ditampilkan benar-benar dalam masa promosi dan diskon dari harga aslinya. Festival yang satu ini memang sudah banyak dinantikan oleh mereka yang sering memburu diskonan.

Rahasia Dibalik Maraknya Diskonan Akhir Tahun

Terlepas dari Shopfest yang memang akan diadakan pada akhir tahun ini, tahun-tahun sebelumnya kita tentu sudah tidak asing dengan istilah diskon akhir tahun. Bahkan akhir tahun telah identik dengan diskonnya yang sangat banyak. Hampir semua toko akan memajang plang besar bertuliskan diskon di depan toko mereka. Mengapa setiap menjelang akhir tahun ada banyak penjual yang memberikan diskon dan potongan harga?

  1. Bersih gudang

Gudang penyimpanan pada akhir tahun akan selalu penuh dengan barang-barang lama yang belum laku. Padahal, toko membutuhkan ruangan untuk menyimpan barang produksi baru agar dapat disimpan dengan rapi dan aman sebelum dijual. Salah satu cara untuk mengosongkan gudang adalah dengan memberikan banyak diskon dan potongan harga pada barang lama tersebut. Barang promo tentu saja akan laku keras di pasaran sehingga gudang akan cepat bersih dan kosong.

  1. Target penjualan

Setiap tahunnya, setiap penjual memiliki target penjualan mereka sendiri yang biasanya harus dipenuhi agar bisnis dapat berjalan dengan lancar kedepannya. Jika target penjualan belum terpenuhi, biasanya mereka akan memberikan banyak promo dan diskon.

  1. Mendekati kadaluwarsa

Untuk beberapa barang konsumsi seperti makanan dan obat, tentu memiliki masa konsumsi tersendiri. Barang yang belum laku namun sudah mendekati masa kadaluwarsa harus segera di pasarkan agar tidak berakhir mubah. Oleh karena itu banyak yang memberikan diskon dan promo. Namun, pada Shopfest nanti akan disediakan banyak barang model baru karena ini festival terbesar di Indonesia.

Author