Jantung memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Jantung akan menyalurkan darah ke seluruh jaringan dan organ tubuh dengan cara memompanya. Sistem peredaran darah akan berlangsung baik apabila memiliki fungsi jantung yang baik pula untuk menjamin kesehatan manusia.

Apa Saja Bentuk Olahraga Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung?

Organ jantung akan memiliki kekuatan yang besar dalam berolahraga apabila diikuti dengan olahraga yang teratur. Berikut beberapa bentuk olahraga yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung yaitu:

  • Olahraga dengan menggerakkan seluruh bagian tubuh (total body workout)

Untuk meningkatkan kekuatan jantung maka Anda dapat menggerakkan otot tubuh. Pasalnya semakin banyak otot yang dilibatkan dalam suatu kegiatan maka jantung akan semakin keras bekerja apalagi jika diikuti dengan latihan interval secara rutin.

  • Core dan yoga

Yoga yang dilakukan secara rutin akan menurunkan tekanan darah, mengelastiskan pembuluh darah dan yang terpenting dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, pilates yang dilakukan juga dapat meningkatkan kekuatan otot inti dan fleksibilitas dan keseimbangan pun akan semakin meningkat.

  • Latihan beban

Latihan beban akan semakin memperkuat otot dan bisa membuat jantung bekerja secara efisien. Latihan beban ini sering disebut sebagai latihan interval dalam bentuk lain. Untuk itu, sangat cocok dijadikan sebagai salah satu bentuk olahraga untuk meningkatkan kesehatan jantung.

  • Latihan interval

Berjalan kaki atau melangkah lebih cepat sering kali disebut sebagai latihan interval. Latihan ini berfungsi untuk membakar kalori dan meningkatkan pembuluh darah. Selain itu, latihan interval ini cocok untuk membersihkan gula yang terdapat dalam tubuh dan lemak darah. Latihan interval bukan hanya cocok untuk kesehatan jantung akan tetapi juga cocok bagi penderita diabetes.

Keempat bentuk latihan untuk meningkatkan kinerja jantung ini sangat perlu dilakukan oleh setiap individu yang ingin memiliki jantung yang sehat. Setidaknya 30 menit dalam 5 hari seminggu agar jantung dapat bekerja secara maksimal. Akan tetapi, bagi Anda yang termasuk pemula maka harus melakukannya secara perlahan agar tidak menimbulkan kelelahan.

Author