Bagi wanita yang sedang hamil, kebutuhan akan nutrisi memang sangat perlu untuk dipenuhi. Selain untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, nutrisi juga sangat penting untuk mendukung kecerdasan janin ketika sudah lahir. salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi penting untuk ibu hamil adalah jeruk limau kasturi. Selain rasanya asam dan sangat cocok untuk selera ibu hamil, jeruk ini juga dapat memberikan vitamin dan mineral yang penting untuk ibu hamil.

Kandungan Asam Folat

Kandungan asam folat yang ada di dalam satu buah jeruk kasturi adalah sekitar 47 mgr asam folat, sedangkan kebutuhan akan asam folat pada ibu hamil adalah sekitar 600 mgr per hari. Asam folat memiliki peran yang sangat penting terutama pada saat masa awal kehamilan. Nutrisi ini berperan penting dalam pembentukan sistem syaraf dan tabung syaraf pada janin. Hal ini akan mengurangi resiko cacat pada otak janin.

Zat Antioksidan

Ibu hamil juga perlu untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Oleh karena itu, kandungan zat antioksidan dalam buah jeruk limau kasturi juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh pada ibu hamil. Kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai zat antioksidan dalam 1 buah jeruk adalah sekitar 75 mg, sedangkan kebutuhan vitamin C ada ibu hamil adalah sekitar 87 mg. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, maka kesehatan ibu dan janin akan terjaga dengan baik.

Mengatasi Kenaikan Tekanan Darah

Salah satu permasalahan yang sering dialami ibu hamil adalah naiknya tekanan darah. Kenaikan tekanan darah memiliki risiko yang tinggi, tidak hanya bagi janin tetapi juga pada saat proses kelahiran bayi. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi jeruk kasturi secara rutin. Sebab, kandungan kalium yang ada dalam buah tersebut dapat membantu memelihara tekanan darah.

Mengatasi Sembelit

Sembelit juga salah satu masalah kesehatan yang sering dialami ibu hamil. Oleh karena itu, sebagai ibu hamil Anda perlu mengonsumsi jeruk limau kasturi secara rutin. Kandungan serat yang ada di dalam buah tersebut, dapat membantu mengatasi sembelit.

Author