Karena suhu panas bumi yang terus meningkat saat ini, sudah tidak aneh lagi jika semua orang memerlukan alat untuk membuat tubuh mereka merasa sejuk. Oleh karena itu banyak yang memilih AC sebagai kebutuhan primer mereka. Namun karena harganya yang tidak murah, banyak orang yang memilih kipas angina sebagai penggantinya. Banyak dari mereka yang menggunakan kipas secara nonstop, bahkan lebih parahnya lagi mereka menggunakan kipas angin juga saat mereka tidur. Namun hal ini tidak baik untuk tubuh Anda. Yuk simak bahayanya seperti di bawah ini.

Suhu Tubuh Tiba-Tiba Berubah

Nah yang ini memang belum dipastikan, tapi kalau menurut opini mungkin memang bisa dikatakan berbahaya. Coba bayangkan jika kita tidak tidur saja menggunakan kipas angin suhu tubuh kita bisa menurun, nah apalagi saat kita tidur. Jadi coba bayangkan jika kita saat tidur dan kondisi kipas menyala terus jadi bukannya tidak mungkin kalau suhu tubuh kita juga menurun terus.

Kekurangan Oksigen

Nah jika kalian tidur dengan menghadap kipas angin maka kalian juga bisa kekurangan oksigen, coba bayangkan jika kalian bernafas dan mengeluarkan karbon dioksida lalu angin dari kipas tersebut akan mendorong karbon dioksida tersebut kembali ke sekitar hidung Anda. Maka disini karbon dioksida akan berputar-putar dan oksigen akan sulit untuk memasuki saluran pernafasan kita.

Dehidrasi

Nah hal ini juga bisa terjadi jika kita menghadapkan kipas angina ke arah tubuh kita. Bagaimana hal ini terjadi? Karena suhu tubuh yang terus menurun akan menyebabkan badan kekurangan cairan. Karena suhu dingin menyerap air, sehingga membuat kita menjadi kekurangan cairan atau bisa disebut dengan dehidrasi.

Gejala Hipotermia

Kalian anak gunung tentu tidak asing lagi dong dengan ini, ya ini adalah kondisi dimana tubuh merasakan dingin yang ekstrem dan bisa membuat pembuluh darah membeku. Bagaimana gejala ini bisa terjadi hanya karena kipas angina? Tentu saja, karena kita merasakan kedinginan yang tiba-tiba saat cuaca panas sehingga tubuh kita tidak cukup untuk beradaptasi.

Author