Pernahkah Anda membuat berita acara? Berita acara biasanya dibuat pada saat melakukan sebuah kegiatan atau aktivitas yang membutuhkan legalitas. Berita acara itu sendiri adalah naskah dinas atau dokumen yang memuat berbagai pernyataan pengesahan dari sebuah kegiatan, peristiwa, rapat, serah terima, kerusakan dan lain sebagainya. Cara membuat berita acara tersebut tentu disesuaikan dengan kebutuhan dari kegiatan yang dilakukan.

Apa Fungsi Berita Acara?

Jika melihat dari pengertian berita acara, fungsi berita acara dijadikan sebagai bukti yang merupakan dokumen legalitas dari sebuah kegiatan. Dokumen yang berisi catatan peristiwa ini biasanya dibuat untuk beberapa keperluan seperti rapat, penjualan, serah terima hingga kerusakan dari suatu hal. Adanya berita acara ini bisa dijadikan sebagai legalitas dari sebuah transaksi yang resmi dan bisa dijadikan sebagai bahan bukti untuk beberapa kegiatan.

Apa Tujuan Dari Pembuatan Berita Acara?

Cara membuat berita acara seperti yang telah disebutkan di atas yaitu bergantung pada jenis kegiatan yang dilakukan. Tujuan umum dalam pembuatan berita acara ini dilakukan untuk membuat bukti secara legal atas terlaksananya suatu kegiatan mencakup tanggal, hari, tempat, jenis kegiatan dan lain sebagainya. Tujuan lain dari berita acara ini adalah sebagai pedoman untuk setiap lembaga atau institusi untuk menunjukkan dan membuktikan kegiatan atau transaksi yang telah terjadi secara benar dengan adanya bukti legalitas dari dokumen berita acara tersebut.

Berikut Cara Membuat Berita Acara

Untuk memudahkan Anda dalam membuat berita acara, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti memperhatikan semua pihak yang terlibat pada kegiatan yang harus dicatat detail, menulis secara runtut kronologis dari kegiatan tersebut mulai dari jam, tanggal hingga tahun, menulis secara detail tempat kejadian dari kegiatan tersebut

Pengertian, fungsi, tujuan hingga cara membuat berita acara di atas dapat dijadikan sebagai pengetahuan Anda mengenai dokumen legalitas dalam sebuah kegiatan. Setiap kegiatan atau kejadian memiliki berita acara yang berbeda-beda sehingga Anda harus memperhatikan dari masing-masing format berita acara yang seharusnya dibuat.

Author