Sekarang ini sudah semakin banyak saja usaha atau bisnis yang berkembang menjadi bentuk PT atau CV. Hal tersebut dikarenakan pihak pemilik bisnis tersebut merasa kalau bisnisnya sudah maju dan layak untuk dibentuk CV ataupun PT. Ada salah satu syarat utama Izin Usaha yang tergolong cukup baru dan sering diterapkan banyak perusahaan PT atau CV sekarang ini. Syarat tersebut yaitu kepemilikan Sertifikat mengenai BPJS Ketenagakerjaan. Bagi Anda pemilik usaha yang ingin mengetahui jelas mengenai syarat data dokumen utama kepengurusan BPJS Tenaga Kerja, simaklah ulasan berikut.

Syarat BPJS Ketenagakerjaan

Berdasarkan website resmi BPJS itu sendiri, terdapat berbagai persyaratan supaya bisa memiliki sertifikat tersebut. Berbagai syarat data dokumen utama kepengurusan BPJS Tenaga Kerja yaitu seperti berikut ini.

  1. Dokumen SIUP Surat Izin mengenai Usaha Perdagangan yang Asli dan juga yang salinan/ copy.
  2. Syarat data dokumen utama Izin Usaha kepengurusan BPJS Tenaga Kerja yang lainnya yaitu dokumen Asli dan juga salinan/ copy NPWP Perusahaan yang terkait.
  3. Asli beserta salinan Akta mengenai Perdagangan Perusahaan.
  4. Syarat data dokumen utama kepengurusan BPJS Tenaga Kerja lainnya yaitu salinan KTP pada masing-masing karyawan atau pegawai.
  5. Selain KTP, perlu juga salinan KK atau Kartu Keluarga pada masing-masing pegawai/ karyawan.
  6. Syarat data dokumen utama kepengurusan BPJS Tenaga Kerja yang terakhir yaitu pas foto yang berwarna pada tiap karyawan. Pas foto berwarna tersebut berukuran 2 x 3 1 lembar saja tiap karyawan.

Tentunya tidak terlalu ribet bukan berbagai data dokumen utama kepengurusan BPJS Tenaga Kerja di atas. Dari semua kelengkapan tersebut nantinya disampaikan ke pihak cabang terdekat BJPS Ketenagakerjaan. Anda harus melakukan pembayaran iuran yang sudah ditetapkan oleh pihak bank.

Kemudian nantinya Anda akan melampirkan bukti mengenai pembayaran iuran tadi dan lalu pihak perusahaan yang terkait akan langsung diberikan Sertifikat mengenai Kepesertaan BPJS Tenaga Kerja ini. Lalu, Sertifikat tersebut nantinya dilampirkan pada permohonan SIUP serta TDP. Sekian saja artikel mengenai Izin Usaha dengan mengurus BPJS Ketenagakerjaan ini, semoga bermanfaat.

Author