Ketika kartu memori yang Anda miliki rusak, maka jangan pesimis terlebih dahulu. Anda jangan langsung membuang kartu memori ke tempat sampah. Karena ada berbagai cara untuk mengembalikan fungsi kartu memori agar seperti baru lagi. Banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat kartu memori seperti semula. Cara memperbaiki memory card akan diuraikan di uraian berikut.

Cara yang Tepat untuk Memperbaiki Memory Card

Kartu memori yang telah rusak sebaiknya segera ditindaklanjuti agar segera dapat berfungsi kembali. Kartu memori yang rusak biasanya ada perintah agar kartu memori segera diformat. Selain itu juga kartu memori tidak terdeteksi. Jika Anda menjumpai tanda-tanda demikian, kemungkinan kartu memori Anda kotor. Anda dapat membersihkannya menggunakan alat yang lembut. Penghapus pensil dapat digunakan untuk membersihkan kartu memori. Cara membersihkannya yaitu dengan satu arah.

Dengan cara di atas jika kartu memori sudah kembali seperti semula, Anda dapat menggunakan kartu memori kembali. Namun jika belum, maka Anda dapat menggunakan cara yang lainnya. Misalnya dengan cara mengecek kartu memori di handphone lain. Karena bisa jadi yang mengalami masalah adalah slot memori di handphone Anda. Anda dapat mencoba mengecek kartu memori di handphone yang lain. Jika tidak ada masalah, bisa jadi slot memori handphone Anda yang memiliki masalah.

Kartu memory sebenarnya masih bisa diperbaiki apabila tidak memiliki kerusakan yang parah. Cara memperbaiki memory card yaitu dengan mengecek kerusakan di PC. Anda dapat menghubungkan handphone ke PC dengan menggunakan kabel data. Pastikan handphone terhubung dalam mode MSC atau mass storage mode. Kemudian buka Windows Explorer, lalu klik kanan memory card dan pilih properties, lalu tools kemudian pilih error checking. Setelah itu klik start hingga semua proses selesai. Setelah itu eject kartu memori.

Setelah semua cara memperbaiki memory card sudah dilakukan, maka kartu memori Anda akan baik seperti semula. Namun jika masih tidak dapat berfungsi juga maka bisa jadi terjadi kerusakan yang cukup parah. Kerusakan yang cukup parah pada kartu memori dapat terjadi karena kartu memori yang patah di bagian dalam.

Author