Tidak hanya para mahasiswa, bahkan orang yang sudah bekerja pun terkadang masih merasa malu dan tak memiliki kepercayaan diri ketika sedang public speaking. Padahal berbicara depan umum nantinya akan menjadi sebuah kebiasaan, terlebih jika Anda memegang jabatan yang cukup tinggi dalam sebuah kantor. Untuk itu Anda harus mengetahui bagaimana caranya agar kepercayaan diri dapat meningkat ketika sedang berbicara depan umum.

Rahasia Meningkatkan Kepercayaan Diri Ketika Public Speaking

Meningkatkan kepercayaan diri memang tak semudah bayangan. Pasalnya ada sejumlah orang yang memang demam panggung. Sehingga ketika baru berdiri di depan banyak orang saja sudah langsung gugup dan tidak tahu harus menyampaikan apa. Untuk itu Anda sangat perlu menguasai public speaking dengan sebaik mungkin. Ada beberapa rahasia agar tingkat kepercayaan diri menjadi lebih tinggi, berikut rahasianya.

  • Bayangkan bahwa Anda merupakan orang hebat

Jadi selama Anda berada di atas panggung, bayangkanlah bahwa Anda merupakan orang yang begitu hebat. Jadi karena hebat, Anda harus memvisualisasikan diri bahwa para audiens memberi tepuk tangan dengan sangat keras. Ketika Anda sudah dapat membayangkan hal tersebut, kepercayaan diri akan langsung meningkat ketika sedang berbicara depan umum. Intinya, Anda harus bisa memvisualisasikan diri sebagai orang hebat.

  • Fokuskan pada pesan yang akan diberikan

Banyak orang yang kehilangan konsentrasi dan kefokusannya ketika sedang ada di panggung. Padahal ketika sudah kehilangan fokus, seseorang tidak dapat menjelaskan maksud dari presentasinya. Ini yang harus dihindari, Anda harus bisa fokuskan diri terhadap pesan yang memang akan disampaikan ketika presentasi. Dengan begitu Anda bisa lebih lancar dalam menyampaikan maksud serta tujuan dari presentasi tersebut.

  • Bayangkan bahwa Anda presentasi di depan teman-teman

Ketika presentasi di depan teman pasti Anda tidak akan merasa gugup. Untuk itu penting bagi Anda untuk membayangkan bahwa para audiens yang sudah datang itu merupakan teman sendiri. Dengan begitu rasa canggung tidak akan begitu mencuat dan akhirnya Anda bisa mempresentasikan topik bahasan dengan maksimal. Sekian rahasia meningkatkan rasa kepercayaan diri ketika melakukan public speaking.

Author