Sakit gigi bukanlah sekedar sakit sepele yang bisa terjadi sewaktu-waktu. sakit gigi tak mengenal usia dari anak-anak hingga dewasa pun bisa mengalami sakit gigi. Sakit gigi disebabkan karena beberapa hal seperti gigi berlubang, gigi geraham tumbuh, gusi bengkak dan sebagainya. Rasa nyeri yang dirasakan saat mengalami sakit gigi dapat menyebabkan berkurangnya selera makan dan bad mood.

Hal yang dilakukan Saat Sakit Gigi

Saat sakit gigi pastinya Anda ingin segera mengobatinya. Obat sakit gigi bisa berasal dari bahan alami maupun bahan kimia. Selain menggunakan obat kita juga harus memberikan perawatan khusus agar sakit gigi cepat sembuh. Berikut ini adalah langkah perawatan awal yang dapat dilakukan pada saat awal sakit gigi.

  1. Sediakan air hangat yang dicampur dengan garam. Kemudian kumurlah dengan menggunakan campuran tersebut. dengan berkumur dapat membersihkan gigi dan mulut.
  2. Sikatlah gigi pelan-pelan agar tidak menambah rasa sakit. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan benang pembersih gigi atau dental floss agar gigi lebih bersih menyeluruh.
  3. Minumlah obat sakit gigi atau obat pereda rasa sakit. Jika suhu tubuh Anda meningkat saat sakit gigi Anda juga bisa meredakannya dengan meminum paracetamol.
  4. Jika gusi Anda bengkak akibat sakit gigi, cobalah untuk mengompresnya dengan air dingin. Air dingin akan cepat meredakan bengkak dan mengurangi rasa nyeri. Tapi jika gigi Anda sensitif maka cara ini sebaiknya dihindari, karena dapat memperburuk rasa sakit.
  5. Oleskan obat antiseptik secukupnya. Carilah obat antiseptik dengan kandungan benzocaine. Ingat obat ini berbahaya untuk diberikan pada anak-anak di bawah 2 tahun, jadi hindarilah.
  6. Periksalah ke dokter jika sakit gigi Anda tidak segera sembuh.

Agar Anda terhindar dari sakit gigi sebaiknya rawatlah gigi dan mulut Anda dengan baik. Rajinlah menggosok gigi sebelum tidur. Hindari terlalu sering makanan yang memiliki rasa manis karena kandungan gula yang tinggi. Memakan gula berlebihan dapat menyebabkan gigi cepat keropos dan berlubang menyebabkan sakit gigi.

Author