Kulit berminyak dapat mempercepat munculnya jerawat pada kulit wajah. Kulit berminyak akan terlihat kusam dan make up mudah luntur. Namun, memiliki kulit berminyak juga ada keuntungannya yaitu kulit menjadi awet muda dan terhindar dari keriput yang akan menimbulkan efek penuaan dini.

Merawat Kulit Wajah Yang Berminyak

Lakukanlah beberapa perawatan wajah untuk menjaga kesehatan kulit. Tetap jaga kadar minyak pada kulit namun tidak membuatnya menjadi kering. Lakukan perawatan kulit seperti memilih produk skin care yang tepat, memakai pelembab, masker wajah, serta meminimalkan pemakaian make up.

  • Memilih Produk Skin Care yang Tepat

Setiap jenis kulit memiliki respons yang berbeda – beda terhadap produk kosmetik. Pilihlah produk kosmetik yang cocok dengan kulit Anda. Ketika mencoba produk skin care baru, rasakan apakah ada efek samping setelah penggunaan pertama. Jika ada efek samping seperti membuat wajah kaku, kering, atau pun tambah berminyak maka, hentikanlah pemakaian produk tersebut.

  • Memakai Pelembab wajah

Pilihlah produk pelembab yang oil free. Pelembab jenis ini akan menjaga kelembaban kulit tanpa menambah produksi minyak wajah yang berlebih. Banyak yang menganggap bahwa pelembab dapat menambah kulit berminyak menjadi lebih parah. Ternyata pelembab memang sangat dibutuhkan jenis kulit apa pun.

  • Mengaplikasikan Masker Wajah

Menggunakan masker memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Untuk mengurangi minyak wajah gunakanlah sheet masker atau masker alami. Sheet masker bisa dibeli di minimarket atau toko kosmetik. Gunakanlah masker alami seperti kentang, susu, yoghurt, madu dan lemon.

  • Meminimalkan Pemakaian Make Up

Gunakanlah make secukupnya untuk keseharian. Sesekali hindari pemakaian make up misalnya saat di rumah saja. Make Up memang dapat mempercantik wajah, namun terlalu sering memakai wajah juga tidak baik karena make up dapat menyumbat pori kulit wajah. Kulit wajah juga membutuhkan saat – saat untuk bernafas dan menyerap nutrisi.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi wajah dari minyak yang berlebih. Minyak wajah memang diperlukan tapi jika berlebihan juga dapat merusak penampilan.

Author