Nyeri saat haid adalah hal yang cukup sering dialami oleh kebanyakan perempuan. Meskipun ini adalah hal yang biasa tetapi tidak boleh dibiarkan, karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini tidak bisa dihindari dan kebanyakan orang lebih memilih untuk mengonsumsi obat pereda sakit. Padahal ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri haid ini. Karena jika menggunakan obat pereda nyeri maka akan membutuhkan jumlah yang cukup banyak dan harus dilakukan secara sering.

Tips Untuk Meredakan Rasa Nyeri Saat Haid

Adapun cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi nyeri haid adalah sebagai berikut.

 

– Kompres Perut

 

Mengompres perut merupakan cara yang cukup sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Rasa hangat ini bisa membantu untuk mengurangi nyeri di perut. Namun pada dasarnya ada dua jenis compression di kompres hangat dan kompres dingin. Kompres hangat ini bisa dilakukan dengan menggunakan handuk hangat di bagian perut yang nyeri. Cara ini bisa memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan kompres dingin menggunakan kantong kompres yang diisi menggunakan air dingin atau es. Cara ini bisa membantu untuk mengendalikan perdarahan dan mengurangi aktivitas pada ujung saraf otot.

 

– Pemijitan

 

Cara pemijatan juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri. Lakukanlah pemijatan dengan gerakan yang memutar serta ringan menggunakan bagian ujung-ujung jari. Untuk membalut bisa menggunakan krim atau minyak bayi. Namun tidak perlu memijit terlalu kuat karena bisa berbahaya. Minyak yang dioleskan ini memiliki fungsi sebagai aroma terapi yang bisa membuat perut menjadi rileks.

 

– Minum Air Hangat

 

Minum air hangat ini bisa membantu untuk meredakan rasa nyeri haid.  Namun hindari minuman yang memiliki kandungan kafein dan alkohol, karena bisa memicu rasa nyeri yang berlebih. Untuk itu maka teh dan kopi juga perlu dihindari karena memiliki kandungan kafein di dalamnya. Apalagi untuk para wanita yang tidak terbiasa mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Karena bisa menyebabkan efek samping yang cukup mengganggu yakni seperti gangguan tidur dan merasa gelisah.

 

– Melakukan Gerakan

 

Ketika perut mulai merasa nyeri haid maka sebaiknya jangan diam statis. Usahakan untuk bergerak karena hal ini bisa membantu untuk meredakan nyeri. Selain itu juga bisa melakukan senam yoga yang perlahan karena ini cukup membantu dalam meredakan nyeri perut saat haid. Atau cukup dengan berjalan santai saja. Karena dengan demikian bisa memicu produksi hormon yang mampu membantu mengurangi rasa sakit saat haid.

Author