Saat ini, penelitian skripsi, tesis, disertasi, hingga berbagai data perusahaan sudah sangat marak menggunakan pengolahan dalam bentuk kuantitatif. Pengolahan ini banyak digunakan untuk mengetahui apakah statistik yang tersedia bisa digunakan dengan benar atau tidak. Tidak jarang juga berbagai jasa olah data beredar dan kemudian menawarkan jasanya untuk digunakan terutama bagi mereka yang masih belum paham mengenai pengolahan data tersebut.

Bagi Anda yang memang sedang merasa kesulitan dalam mengolah data penelitian, tentunya juga membutuhkan jasa yang satu ini. Namun tentu saja Anda musti memperhatikan sejumlah hal, mulai dari kredibilitas ataupun kualitas penyedia jasa tersebut hingga harga dan biaya yang musti dikeluarkan untuk memakai jasa pengolahan data ini. Semuanya itu musti Anda perhatikan dan tentunya dipersiapkan dengan baik.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai biaya jasa pengolahan data yang banyak diperbincangkan. Tentunya ada berbagai variasi yang bisa Anda pertimbangkan. Lantas, seperti apakah biaya yang dimaksud? Berikut ulasannya.

Mengenal Seluk Beluk Biaya Jasa Pengolahan Data Statistik

Berbagai macam penyedia jasa olah data sering kali memberikan nominal harga yang fantastis. Namun tahukah Anda jika ternyata harga ini berbeda-beda disesuaikan dengan keadaan pelanggan? Ya, di beberapa kota seperti Yogyakarta atau Solo misalnya, harga yang dipatok bisa dibilang sangat murah. Ada yang hanya mematok harga Rp200.000 per lembar hingga Rp500.000. Memang tidak jarang pula yang memberikan harga di atas itu. Tentu saja masih aman di kantong mahasiswa maupun institusi lainnya.

Harga ini biasanya juga disesuaikan dengan software pengolah data yang digunakan. Apabila pengolahan data menggunakan aplikasi yang umum seperti SPSS, maka biasanya harga yang ditawarkan cukup standar. Namun apabila customer menginginkan pengolahan dengan aplikasi lain yang harganya lebih mahal, tentu saja biaya yang musti dikeluarkan juga sebanding.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai biaya yang biasa dipatok oleh tiap penyedia jasa olah data baik berdasarkan wilayah hingga software yang digunakan. Nah, apakah Anda pernah memakai jasa pengolahan data tersebut?

Author