Semua orang tahu dan sadar akan pentingnya memasang keramik di rumah mereka. Mereka akan memasang keramik baik itu untuk rumah berukuran besar maupun kecil. Tujuan dari pemasangan keramik ini memang sudah jelas, yaitu untuk membuat rumah menjadi lebih indah dan lebih layak untuk dihuni. Lagi pula harga keramik juga cukup terjangkau, dan juga banyak sekali tersedia berbagai jenis keramik yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan juga budget Anda.

Membeli yang Murah tapi Bukan Murahan

Perbedaan harga dari keramik ini ditentukan oleh beberapa hal, mulai dari jenis keramik, bahan pembuatan keramik, warna keramik, dan juga ukuran keramik. Jenis keramik sendiri ditentukan oleh bahan pembuatan keramik. Ada keramik yang terbuat dari tanah liat, atau dari bahan keramik secara umum, dan ada juga yang terbuat dari batu alam seperti granit, marmer dan jenis batuan lain yang memiliki motif artistik. Maka dari itu, keramik dari bahan batu alam biasanya lebih mahal daripada jenis lainnya.

Ukuran keramik ada bermacam-macam, mulai dari ukuran yang terkecil yaitu ukuran 20×20, hingga ukuran 60×60. Di Indonesia, jika melihat ukuran rumah secara umum, maka ukuran keramik yang umum digunakan adalah ukuran 20×20 atau 40×40. Hal ini disebabkan karena kebanyakan rumah di Indonesia itu berdesain minimalis. Harga keramik ukuran 20×20 juga cenderung lebih murah, akan tetapi itu tergantung pada jenis keramik. Bila yang dipilih adalah jenis granit, tentu saja harganya mahal.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa mendapatkan banyak jenis bahan keramik dengan berbagai pilihan ukuran. Maka jika Anda tak memiliki budget yang cukup banyak, Anda bisa memilih keramik dengan ukuran yang kecil dan berbahan biasa. Tetapi Anda jangan memilih yang kualitasnya paling rendah karena akan cepat rusak.

Apabila keramik yang Anda pilih itu murahan dan cepat rusak, maka itu hanya akan menambah pengeluaran Anda. Bayangkan saja, Anda akan mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan lantai dan juga Anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli keramik yang baru dengan harga keramik yang lebih mahal. Anda pasti tak mau hal itu terjadi, bukan?

Author