Hari raya Idul Adha merupakan salah satu hari besar umat Islam Ayah selalu dirayakan setiap tahunnya. Berbicara mengenai acara Idul Adha pasti tidak pernah lepas dari harga hewan kurban yang naik. Seperti halnya di Tasikmalaya, ketika menjelang hari raya ini justru harga sapi semakin melonjak. Untuk menarik para pembeli, penjual sapi mematok harga 65 juta rupiah untuk sapi yang memiliki bobot sekitar 1 ton. Meskipun demikian tetap saja harga hewan qurban ini masih tergolong sangat mahal.

Harga Sapi Semakin Naik Menjelang Idul Adha

Dari berita Tasikmalaya menjelaskan bahwa kenaikan harga ini menjadi hal yang sangat wajar ketika menjelang Idul Adha. Harga sapi yang di tarif kan di Tasikmalaya meloncat kisaran 500 hingga 1 juta rupiah per ekornya. Bahkan kini sapi dengan bobot 80 kg dipatok harga 15 sampai 16 juta. Padahal harga sapi tahun sebelumnya hanya sekitar 14,5 juta saja. Sedangkan untuk sapi yang berukuran besar dipatok dengan harga 19 sampai 24 juta rupiah.

Tidak hanya sapi lokal karena ada banyak sekali pedagang yang menjual sapi dari daerah Surabaya dan Jawa Tengah. Untuk menarik perhatian pembeli banyak yang menawarkan sapi dengan ukuran sangat besar. Sapi peranakan dengan bobot sekitar 9 kuintal sampai 1 ton dipatok dengan harga lebih dari 65 juta setiap ekor. Meskipun sangat menggiurkan tetapi harga yang dipatok tetap saja melonjak dari tahun sebelumnya.

Bahkan untuk menawar harga sapi qurban ini sangatlah sulit. Banyak orang yang menawar untuk membeli dengan harga 50 juta tetapi tetap saja tidak diberikan. Karena pada dasarnya berita Tasikmalaya mengenai kenaikan harga hewan qurban ini menjadi hal yang sangat biasa bagi para konsumen. Padahal untuk mencari pakan ternak pun sangat sulit dilakukan saat musim kering atau musim kemarau. Karena pada musim kemarau itu stok jerami semakin menipis sehingga sapi harus diberi pakan limbah hasil penggilingan padi.

Untuk itu jika ingin membeli hewan kurban maka sebaiknya mempertimbangkannya dengan matang-matang. Dengan demikian ketika menjelang Idul Adha masalah mengenai hewan kurban bisa diatasi dengan baik. Atau jika ingin mendapatkan hewan kurban yang murah maka bisa membelinya sebelum harga hewan tersebut naik. Persiapkanlah pajak dengan matang sehingga bisa mendapatkan hewan qurban sesuai dengan yang diinginkan. Adanya berita Tasikmalaya ini bisa memberikan gambaran mengenai situasi harga sapi menjelang Idul Adha.

Author