Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin berlibur ke daerah lain yaitu kuliner. Anda harus mencari tahu kuliner khas daerah tersebut agar Anda bisa merasakan sensasi berbeda dan nikmatnya kuliner yang disajikan. Seperti contohnya jika Anda ingin pergi berlibur ke Kabupaten Ciamis, Anda harus mencari tahu kuliner khas apa saja daerah tersebut.

Jangan Sampai Lewatkan Mencicipi Kuliner Khas Ciamis Ini!

Ketika Anda sudah memutuskan untuk berlibur ke Kabupaten Ciamis, jangan lupa untuk membuat daftar mengenai kuliner khas apa saja yang perlu dicicipi selama berada di kota tersebut.

Untuk itu, ada beberapa rekomendasi kuliner khas Ciamis yang tak boleh dilewatkan, yaitu:

  • Galendo

Kuliner khas Ciamis yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari santan kelapa atau sari pati kelapa yang direbus hingga terdapat minyak. Minyak yang dihasilkan itu yang kita kenal sebagai minyak kelapa, sedangkan endapan yang ada di bawahnya itu disebut sebagai galendo.

Namun, endapan tersebut masih belum bisa langsung dinikmati. Mengapa? Kandungan minyak yang terdapat pada kuliner tersebut masih banyak. Untuk itu, kuliner tersebut harus diperas agar sisa minyaknya keluar dan dipadatkan. Setelah itu, dikeringkan dan dipotong-potong untuk disajikan.

  • Pindang Gunung

Kuliner khas Ciamis lainnya yang perlu Anda cicipi yaitu Pindang Gunung. Pindang ini merupakan makanan berkuah kuning dengan ikan sebagai bahan utamanya dan memiliki sensasi rasa asam pedas. Kuliner yang satu ini cocok dijadikan sebagai menu utama dan didampingi dengan nasi hangat.

  • Mie Gelosor

Mengapa dinamakan sebagai mie gelosor? Tekstur mie yang terkesan licin di lidah dapat diseruput dengan mudah sehingga dinamakan mie gelosor. Mie yang satu ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan mie kuning biasanya. Anda juga bisa memilih mie disajikan dengan menggunakan kuah atau digoreng.

Itulah beberapa kuliner khas Kabupaten Ciamis yang perlu Anda cicipi ketika berkunjung ke daerah tersebut. Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas daerah yang satu ini ya.

Author