Berolahraga memang menyehatkan dan banyak orang yang melakukannya secara rutin dan menyediakan waktu khusus agar bisa melakukannya. Agar tubuh menjadi lebih sehat dan bugar sepanjang hari adalah alasan yang utama. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tubuh tidak mengalami kram otot. Karena itu agar aktivitas Anda aman dan selamat maka Anda harus melakukan beberapa hal sebelum melakukan olahraga tersebut.

Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Olahraga

Bagi yang akan memulai olahraga bisa menyimak beberapa hal penting di bawah ini.

  • Pemanasan

Apa pun jenis olahraga yang akan dilakukan sekalipun itu yang ringan tetap saja mengharuskan Anda untuk melakukan pemanasan. Hal ini dilakukan agar otot Anda tidak menjadi kejang atau kram. Karena otot Anda yang kaku jika langsung digunakan untuk olahraga bisa membuatnya menjadi cedera.

Jika Anda jarang sekali berolahraga, melakukan pemanasan harus dilakukan karena semua otot Anda kaku karena jarang digunakan untuk berolahraga. Jadi jangan lupa melakukan pemanasan ya sebelum berolahraga.

  • Mengatur Pola Makan

Selain melakukan pemanasan hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengatur pola makan. Jika ingin makan maka lakukan 2 jam sebelum berolahraga, hal ini agar perut Anda tidak kram. Selain itu gerakan Anda akan lebih lambat ketika berolahraga karena makanan belum tercerna sempurna.

  • Minum Air Putih

Mengkonsumsi air putih yang cukup sebelum berolahraga mampu menghindarkan Anda dari dehidrasi saat berolahraga. Dan Anda bisa minum disela-sela olahraga agar tidak dehidrasi namun tentunya dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Tidak hanya 3 hal tersebut di atas yang harus Anda perhatikan namun masih ada beberapa hal lainnya yang bisa dipertimbangkan ketika akan melakukan olahraga. Di antaranya seperti penggunaan sunscreen jika ingin berolahraga di luar ruangan. Sebab sinar matahari yang terik tidak baik untuk kulit.

Menggunakan pakaian yang longgar berbahan katun membuat nyaman dan dengan warna baju yang cerah akan memantulkan sinar sehingga tidak terserap. Perlu diingat adalah batasan kekuatan tubuh Anda sehingga jangan melanjutkan olahraga jika tubuh Anda sudah terlalu lelah.

Author