Saat ini sudah banyak kantor yang memilih untuk menggunakan karpet. Ternyata ada makna tersendiri saat karpet yang dipilih dibanding lantai keramik. Dari hasil sebuah riset, penggunaan karpet dipercaya dapat memunculkan suasana rileks dan santai hingga mengurangi rasa stress. Hal ini tentu bisa memberikan pengaruh positif terhadap tempat anda bekerja. Tertarik untuk menggunakan karpet kantor? Berikut ulasannya.

Jenis-Jenis Karpet Kantor

  • Cut Pile

Model yang pertama adalah model cut pile. Karpet jenis ini memiliki bahan yang berbulu lembut, padat, dan cukup tebal dengan ketebalan 6 mm sampai 14 mm. Sehingga akan terasa empuk saat berjalan diatasnya. Karpet ini memiliki 2 pilihan, cut pile polos dan cut pile motif. Keduanya memiliki harga berkisar Rp 100.000 sampai Rp 600.000.

  • Loop Pile

Karpet loop pile adalah karpet gulungan yang paling sering digunakan untuk tempat yang luas dan sering dilewati. Karena fungsinya seperti itu, karpet ini memiliki kekuatan lebih baik daripada karpet cut pile. Dengan ketebalan bahan yang pendek, membuat karpet kantor ini memiliki harga yang tergolong murah mulai dari Rp 70.000 – Rp 190.000.

Saat anda ingin memilih karpet, hal yang sebaiknya diperhatikan adalah seberapa rapat titik rajut pada karpet. Saat titik rajut semakin rapat maka karpet akan semakin empuk. Hal lainnya adalah ketebalan dan fungsi karpet tersebut. Jika ingin digunakan untuk tempat yang sering dilewati maka karpet dengan ketebalan tipis akan lebih memudahkan anda saat berjalan.

Karpet memang pilihan yang baik untuk mempercantik ruangan dan melindungi lantai keramik. Tetapi jika perawatan karpet kurang telaten, anda hanya akan menimbulkan masalah baru seperti noda kotor dan bau tidak enak. Anda perlu membuang jauh-jauh pikiran membersihkan karpet akan menghabiskan tenaga.

Dengan mengetahui cara dan teknik yang tepat, anda tidak akan menghabiskan waktu yang lama. Hal terpenting dari membersihkan karpet kantor adalah tidak merendam karpet dengan air. Cara ini tidak efektif dan hanya akan memperlama proses pengeringan.

Author