Taman rekreasi air biasanya memiliki lebih dari satu jenis kolam air, berbagai jenis kolam air tersebut dirancang oleh kontraktor waterpark agar bisa dinikmati dengan caranya masing-masing. Beberapa jenis kolam yang biasanya tersedia pada taman rekreasi air adalah kolam anak, kolam arus dan kolam ombak. Ke semua jenis kolam tersebut memiliki karakteristik dan fungsi masing-masing.

Apa saja Macam Kolam Di Waterpark

Di waterpark sendiri bisa kita jumpai beberapa jenis kolam yang umum tersedia seperti yang ada di bawah ini :

  • Kolam Anak

Jenis kolam yang terdapat di taman rekreasi air yang pertama adalah kolam anak atau kiddy pool. Kolam anak biasanya memiliki kedalaman air yang tidak terlalu dalam, dan juga biasanya dilengkapi dengan wahana air yang tidak terlalu berbahaya dan cenderung mengasyikkan dengan dekorasi bernuansa anak-anak. Kolam anak ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat Anda melatih anak Anda untuk bisa berenang, karena ketinggian air yang tidak terlalu dalam sehingga cukup aman untuk dijadikan tempat berlatih anak yang belum bisa berenang.

  • Kolam Arus

Kolam arus merupakan salah satu jenis kolam yang unik, karena kolam arus ini bentuknya seperti aliran air di sungai. Beberapa juga memiliki aliran air yang cukup deras disertai ornamen yang mencirikan lingkungan sungai. Ornamen tersebut didesain sedemikian rupa oleh pihak kontraktor waterpark, sehingga suasana sungai semakin terasa.

Kolam arus ini sangat cocok untuk dinikmati dengan menaiki ban atau pelampung, kemudian Anda biarkan pelampung tersebut bergerak mengikuti arus kolam. Untuk kolam berarus deras Anda bisa mencoba menyusuri kolam tersebut dengan perahu kano agar seolah-olah Anda sedang melakukan arung jeram. Anda juga bisa menyusuri kolam arus dengan beberapa orang dengan menggunakan perahu berukuran besar.

  • Kolam Ombak

Keberadaan kolam ombak di taman rekreasi air cukup baru, selain itu hanya tersedia di beberapa waterpark saja. Kontraktor waterpark membuat kolam ombak sebagai replika pantai, karena memiliki ombak yang tidak terlalu besar seperti di pantai. Di sekitar kolam ombak juga didesain menyerupai pantai dengan pasir dan pohon kelapa yang khas. Kolam ombak ini bisa Anda jadikan sebagai tempat berlatih selancar atau sekedar tempat berseru-seruan menikmati ombak dengan aman.

Author