Ada banyak olahraga yang menggunakan bola. Olahraga yang menggunakan bola ini biasa mempertandingkan dua kelompok atau perseorangan, dan mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan poin hingga jumlah tertentu atau hingga durasi tertentu. Contoh olahraga bola yang mempertandingkan dua kelompok atau perseorangan adalah sepak bola, voli, basket, kriket, tenis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah beberapa olahraga bola yang mengadu dua pihak. Ada juga olahraga seperti golf, billiard, dan juga bowling yang juga menggunakan bola sebagai alat utamanya. Hobi Merupakan Passion dan Gambaran Jiwa Seseorang. Yang membedakan adalah, olahraga tersebut tidak mempertandingkan dua pihak, melainkan perseorangan yang mencoba memuncaki peringkat dengan cara mengumpulkan poin dari hasil pukulan atau lemparan pada suatu objek.

 

Misalnya, golf yang dimainkan pada sebuah area berumput yang luas. Golf menggunakan stik atau club untuk memukul bola. Bola tersebut harus masuk pada sebuah lubang kecil dengan jarak tertentu. Bola tersebut harus masuk pada lubang pada batas jumlah pukulan yang ditentukan. Golf merupakan olahraga mahal yang hanya bisa dimainkan oleh orang kelas atas. Ada juga permainan yang biasa dinikmati oleh orang kelas atas, yaitu tenis lapangan.

Bermain Tenis untuk Melatih Seluruh Tubuh

Kita mungkin sering melihat atlet tenis yang terkenal seperti Roger Federer, Rafael Nadal, Maria Sharapova, Serena Williams, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mereka tampak menggunakan pakaian yang casual sporty ketika sedang bertanding. Pakaian tersebut tampak berbeda jika dibandingkan dengan atlet badminton yang hanya terkesan sporty. Permainan ini menggunakan bola khusus, yaitu bola tenis. Raketnya pun lebih besar dan lebih berat. Sehingga akan membutuhkan tenaga yang lebih besar saat memukul bolanya.

Permainan ini tidak hanya dimainkan di indoor, akan tetapi juga outdoor. Tenis juga menggunakan lapangan dengan beberapa medan yang berbeda, seperti tanah liat, rumput, dan juga lantai. Setiap medannya juga memiliki kesulitan dan tantangan tersendiri. Kondisi medan yang berbeda tentu saja akan mempengaruhi laju bola tenis tersebut. Maka dari itu diperlukan latihan yang keras yang dilakukan di masing-masing medan agar para atlet juga bisa terbiasa dan lebih jeli dalam menangkap gerakan bola yang tak bisa diprediksi.

 

Lapangan tenis juga cukup luas. Jika pada permainan badminton, para atletnya hanya perlu melatih langkah panjang agar pergerakan mereka bisa lebih cepat dan efektif, sehingga mereka bisa lebih berhemat tenaga. Akan tetapi lain halnya dengan tenis. Dengan lebar lapangan yang semacam itu, mereka harus berlari kesana kemari untuk mengembalikan bola pada musuh. Selain itu, dengan raket yang cukup berat, akan lebih sulit untuk mengayunkannya. Apalagi jika harus melakukan spin atau smash, akan membutuhkan daya ledak yang besar. Maka dari itu olahraga tenis memberikan manfaat kesehatan yang sangat besar, karena tubuh Anda akan terbiasa melakukan gerakan berat.

Author