public speaking adalah salah satu ketrampilan yang penting dalam menunjang keberhasilan kita. Tidak hanya keberhasilan dalam karir kita, teta[i juga keberhasilan dalam kehidupan sosial. Memiliki ketrampilan public speaking bukanlah hal yang mudah, namun setiap orang bisa memilikinya asal mau mempelajarinya. Anda dapat mengikuti pelatihan public speaking jika ingin menjadi seseorang yang ahli dalam bidang ini. Tidak hanya sekedar menyampaikan materi, public speaking juga memiliki beberapa jenis yang dapat Anda pelajari.

Informatif

Public speaking yang satu ini adalah jenis public speaking yang paling sering dilakukan oleh berbagai kalangan. Dari kalangan mahasiswa hingga pemimpin perusahaan. Jenis public speaking yang satu ini adalah menyampaikan materi tentang suatu hal atau informasi tertentu. Untuk menyampaikan materi public speaking jenis informatif ini, maka speaker harus melalukan penelitian terlebih dahulu, atau paling tidak memperluas wawasan mengenai materi yang akan disampaikan.

Persuasif

Jenis public speaking yang dapat kita pelajari dalam pelatihan public speaking ini memiliki tujuan untuk mengajak para audiens agar percaya dan mengikuti ajakan yang kita sampaikan. Jenis public speaking yang satu ini biasanya dilakukan oleh sales produk tertentu, atau para motivator. Kegiatan seminar motivasi tentunya bertujuan untuk mengajak para audiens agar lebih termotivasi berkat materi yang disampaikan. Begitu pula dengan pemasaran produk, speaker akan menyampaikan materi tentang sebuah produk, sehingga audiens tertarik untuk membelinya.

Entertain

Jenis public speaking yang satu ini sedang menjadi populer beberapa tahun belakangan ini. Public speaking yang bersifat menghibur dapat kita jumpai dalam acara stand up comedy. Para komika atau orang yang membawakan stand up comedy tersebut menyampaikan sejumlah materi yang akan membuat para audiens tertawa dan terhibur. Biasanya mereka sudah memiliki tema tertentu mengenai materi yang akan disampaikan.

Impromptu

Jenis public speaking yang terakhir ini dapat kita pelajari dalam pelatihan public speaking. Jenis impromptu ini adalah jenis yang tanpa persiapan sebelumnya. Misalnya tiba-tiba kita diminta untuk memberikan sambutan pada sebuah acara. Untuk jenis public speaking yang satu ini, tentunya dibutuhkan pengalaman tersendiri.

Author