Zaman sekarang banyak sekali orang yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi. Tingginya kolesterol tidaklah baik untuk kesehatan. Untuk bisa menurunkan kolesterol sebenarnya tidak melulu harus menggunakan obat. Mengubah makanan yang biasa dimakan juga mampu memberikan dampak yang besar terhadap tingkat kolesterol yang dimiliki. Memangnya makanan apa yang bisa digunakan untuk menurunkan dan menjaga tingkat kolesterol? Semuanya akan terjawab pada artikel ini.

Beberapa Jenis Sayur Yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Salah satu jenis makanan yang memang bisa digunakan untuk menurunkan tingkat kolesterol adalah sayuran. Dari banyaknya sayur hijau yang ada, maka kami telah memilah beberapa jenis yang memang telah terbukti akan khasiatnya untuk mengurangi tingkat kolesterol. Beberapa jenis sayur tersebut yaitu:

  • Wortel

Wortel adalah jenis sayur pertama yang kami rekomendasikan sebagai bahan penurun kolesterol. Wortel merupakan sayur yang kaya akan pectin. Pectin inilah yang amat berpengaruh untuk menurunkan kandungan kolesterol pada darah. Selain itu pada wortel terdapat kalium yang mampu menetralkan kadar asam darah dan vitamin A yang menjadi Penawar Toksin di dalam tubuh.

  • Bayam

Bayam juga menjadi sayur lainnya yang menjadi rekomendasi kami sebagai sayuran penurun kolesterol.  Bayam memang sekarang banyak disarankan oleh para ahli kepada para penderita kolesterol tinggi. Hal tersebut dikarenakan bayam mengandung banyak lutein. Lutein yang berfungsi sebagai zat pembantu dinding pembuluh darah Untuk menyingkirkan penyumbatan akibat kolesterol. Inilah yang membuat bayam menjadi sangat cocok untuk menurunkan tingkat kolesterol darah.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang bisa disebut dengan penghasil lemak dan serat. Namun tidak hanya itu saja yang dimiliki kacang-kacangan. Kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan flavonoid seperti yang terdapat pada kacang almond. Antioksidan ini memiliki fungsi peningkatan pembuluh darah sehingga penumpukan kolesterol tidak akan didapati.

  • Buncis

Mengonsumsi buncis juga baik untuk penderita kolesterol dan diabetes. Baiknya buncis bagi para penderita kolesterol adalah hadirnya lemak tak jenuh yang terdapat di dalamnya. Hadirnya lemak tak jenuh ini pastinya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah ataupun trigliserida.

Author