Goa Pindul merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat menarik di Yogyakarta. Mulai dari wisatawan lokal hingga wisatawan asing sangat menyukai perjalanan ke satu wisata ini. Untuk mengunjungi wisata ini kita bisa melewati transportasi dari kota Yogya. Kita bisa menghabiskan waktu satu jam lagi dari Yogyakarta kota.

Berapa harga jual tiket masuk wisata goa?

Setelah kita sampai di lokasi tujuan, kita akan dikenakan biaya tiket masuk wisata. Untuk wisatawan lokal kita cukup membayar biaya sebesar lima puluh ribu rupiah. Sedangkan untuk wisatawan asing akan dikenakan biaya yang lebih mahal selisih sekitar sepuluh ribu rupiah. Di sana kita sudah ditemani oleh seorang pemandu wisata yang siap menemani keliling goa.

Goa Pindul ini memiliki panjang sekitar tiga ratus lima puluh meter dan lebar sekitar lima meter. Kita bisa melakukan perjalanan di goa ini dengan pemandu wisata. Di sana kita akan diperlihatkan tiga zona yang bisa kita jumpai di dalam goa. Mulai dari zona terang, zona remang, hingga zona gelap. Di mana setiap zona memiliki keindahan tersendiri yang menjadikan keanekaragaman keindahan dalam goa.

Untuk zona terang seperti namanya, kita bisa melihat kejernihan dan keindahan sungai goa ini dengan jelas. Kemudian kita masuk ke zona remang yang kita bisa melihat keindahan goa dengan sedikit remang. Sehingga kita terkadang membutuhkan alat bantu untuk melihat keindahan zona ini. di zona remang ini kita bisa liat cahaya yang masuk ke goa melalui celah goa.

Dan yang ketiga zona gelap. Di sini kita tidak bisa melihat apa pun yang ada di goa tersebut jika kita tidak menggunakan alat bantu. Di zona ini kita juga akan menjumpai banyak sekali kelelawar. Walaupun di zona ini kita kesulitan dalam melihat keindahan dalam goa ini. Kita bisa melihat lukisan alami yang terbuat dari kelelawar di daerah ini dengan alat bantu.

keindahan yang bisa kita lihat baik di dinding Goa Pindul hingga kejernihan dan kesegaran sungai membuat kita betah di sana, untuk yang suka melakukan penelitian tempat ini juga sangat cocok untuk dilakukan penelitian, khususnya yang menyukai penelitian bidang geografi.

Author