Sekarang ini peluang usaha sangatlah banyak. Untuk mahasiswa termasuk mahasiswa rantau, memenuhi kebutuhan hidup yang jauh dari orang tua, tak cukup hanya mengandalkan kiriman uang dari orang tua. Oleh karena itu, mahasiswa haruslah mempunyai kerja sampingan yang cukup mudah di lakukan seperti :

Penulis Artikel

Untuk kalian yang memiliki bakat menulis ataupun hobi menulis, merasa jago dalam menyusun kata-kata, jadikan lah hal itu sebagai peluang untuk menambah uang saku. Menjadi seorang penulis artikel tidak banyak menyita waktu kuliah dan belajar.

Pemandu Wisata

Jika kamu yang suka dengan traveling, cobalah untuk mendaftarkan diri sebagai pemandu wisata. Ambilah pekerjaan ini pada hari libur kuliah seperti Sabtu dan Minggu. Selain bisa menambah uang jajan, kalian juga bisa menikmati liburan secara gratis.

Guru Privat

Untuk kalian yang kuliah fakultas pendidikan, bisa mencoba menjadi guru privat. Ketika menjadi guru privat, kalian juga bisa belajar mengajar dan belajar untuk percaya diri ketika nanti bekerja sebagai guru di sekolah.

Nah, demikian adalah jenis-jenis pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa yang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, ketika memilih pekerjaan paruh waktu, sebaiknya pilih yang sesuai dengan kemampuan diri sendiri, dan jangan sampai bertabrakan dengan waktu kuliah yang ada.

Ketika kalian telah mendapat bayaran dari hasil pekerjaan itu, gunakanlah dengan bijak. Tak hanya untuk menambah uang saku, kalian juga bisa meringankan beban biaya kuliah dan kos yang orang tua tanggung. Gunakanlah uang itu sesuai dengan kebutuhan saja agar tidak terjadi pemborosan.

Untuk kalian yang ingin atau akan mendaftar pekerjaan, sebaiknya pilihlah tempat kerja yang tidak jauh dari tempat tinggal ataupun dari kampus. Selain efisien, juga tidak memerlukan waktu banyak untuk menempuh perjalanan..

Yang paling penting dari seorang mahasiswa adalah, prestasi yang di dapat di kampus. Karena prestasi seorang anak adalah sesuatu yang orang tua nantikan. Maka dari itu, haruslah pintar-pintar lah dalam membagi waktu untuk bekerja dan juga untuk belajar

Author