Sebuah karya lagu dapat dibuat menggunakan semua bahasa yang digunakan oleh masyarakat. Misalnya orang Kristen Jawa akan membuat sebuah lagu Kristen berbahasa Jawa. Orang batak dengan bahasa bataknya, orang Maluku dan Papua dengan bahasa mereka dan sebagainya. Indonesia yang beragam akan suku dan budaya banyak memberikan warna terhadap karya-karya seni. Tak hanya lagu daerah lagu rohani pun banyak yang dibuat menggunakan bahasa kedaerahan.

Lagu Rohani Kristen dari Berbagai Daerah

Menyanyikan lagu menggunakan bahasa daerah terkadang dapat memberikan makna yang lebih berarti. Pasalnya bahasa dalam lagu menggunakan bahasa yang biasa digunakan sehari-hari, sehingga pesan dalam lagu pun mudah dipahami oleh penyanyi. Berikut ini beberapa lagu rohani yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

  1. Bahasa Jawa

Beberapa lagu rohani yang menggunakan bahasa Jawa seperti moggo sami nderek gusti, Gusti Panutan Kula, Bilih Roh Suci, Aku Tresno Gusti Yesus, dan Sakjeke Aku Nderek Gusti. Keseluruhan lirik dalam lagu-lagu tersebut menggunakan bahasa Jawa. Jelas lagu ini sangat cocok untuk orang-orang yang mahir berbahasa Jawa.

  1. Suku Batak

Selain Jawa, suku Batak juga memiliki beberapa lagu Kristen menggunakan bahasa khas daerahnya. Salah satu penyanyi kebanggaan suku batak Judika pun turut membawakan lagu rohani bahasa batak ini. beberapa judul lagu tersebut seperti Ho Do Tuhan, Nang Gumalusang Angka Laut. Batak selain terkenal dengan pengacaranya juga terkenal dengan penyanyinya yang berbakat.

  1. Maluku

Di daerah Timur Indonesia juga tak kalah. Orang Timur juga tak diragukan lagi bakatnya dalam bernyanyi. Banyak penyanyi terkenal yang memang berasal dari timur Indonesia. Lagu rohani Maluku yang terkenal adalah Danke Banyak Tuhan. Lagu ini dibawakan oleh Maluku Manise.

Untuk menyanyikan lagu rohani yang menggunakan bahasa daerah di luar daerah kita mungkin akan sulit jika tidak dengan membaca lirik. Kunjungi  http://liriklagukristen.id agar Anda lebih mudah dalam bernyanyi lagu rohani. Lirik yang disediakan akan membantu Anda yang kesulitan menghafal saat menyanyikan sebuah lagu.

Author