Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kubah enamel. Saat ini banyak sekali jenis kubah yang bisa Anda pilih ketika membangun masjid. Jenis kubah ini tergantung  dari bahan baku pembuatannya salah satunya dari bahan enamel yang saat ini banyak dipilih masyarakat karena memiliki banyak kelebihan.

Apa yang Dimaksud dengan Kubah Enamel?

Kubah jenis enamel terdiri dari berbagai jenis desain, corak, dan warna yang dapat disesuaikan dengan pesanan. Hal yang membedakan dengan kubah jenis yang lain adalah bahan baku pembuatannya. Kubah yang terbuat dari bahan enamel ini dikenal dengan kekuatannya karena terbuat dari campuran lempengan baja dan besi serta silika yang dilebur dalam suhu yang cukup tinggi. Bahan-bahan tersebut kemudian berubah menjadi bentuk serbuk yang kemudian akan menggumpal hingga mengeras. Ketebalan dari kubah enamel berkisar antara 0,7-1,2 mm yang disesuaikan dengan luas panelnya.

Mengapa Harus Memilih Kubah Enamel untuk Masjid?

Bahan baku pembuatan kubah enamel yang membuatnya memiliki tekstur yang kuat tentunya menjadi salah satu pilihan cerdas ketika membeli kubah. Seperti kita ketahui bersama biasanya kubah terletak pada bagian atas bangunan masjid yang langsung terpapar teriknya matahari dan derasnya hujan. Hal ini membuat kubah harus kokoh sehingga tahan lama dalam menghadapi berbagai terpaan cuaca. Berikut ini beberapa kelebihan dari kubah masjid yang terbuat dari bahan baku enamel.

  • Anti Bocor dan Rembes untuk Menahan Terpaan Hujan

Kubah yang kuat dan anti rembesan alias tahan air membuatnya lebih kuat dan tahan lama. Apalagi Indonesia yang setiap tahunnya selalu mendapat hujan, membuat kubah yang ada di masjid harus kuat dari terpaan derasnya aliran air dan kencangnya angin.

  • Mempercantik Masjid

Selain kuat dan tahan lama, kubah jenis enamel ini juga memiliki banyak tampilan warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Warnanya pun akan tahan dalam jangka waktu yang panjang sehingga membuat tampilan masjid selalu indah.

  • Tahan Gempa dan Guncangan

Pemilihan kubah enamel pada daerah yang rawan gempa merupakan salah satu hal cerdas karena kubah ini kuat dan tidak akan timbul retakan setelah terkena gempa.

Author