Sudah saatnya guru zaman sekarang mengenal teknologi lebih jauh lagi. Pasalnya, sekarang pemerintah memberlakukan SIM PKB yang mana merupakan suatu system pemetaan kinerja guru yang harus selalu terupdate agar semua kegiatan pembelajaran yang dilangsungkan oleh sekolah dapat termonitor dengan baik.

Maka dari itu, guru dan tenaga kependidikan juga harus mengerti bagaimana memanfaatkan teknologi tersebut agar tidak ketinggalan. Sebab, sistem yang ada juga berkaitan dengan hak dan kewajiban guru yang melekat bersama profesinya.

Guru Harus Update Data Dengan Login SIM PKB

Setiap guru dan tenaga kependidikan akan memiliki akun SIM PKB mereka masing-masing. Mereka bisa menggunakan akun tersebut untuk mengakses data dari info GTK mereka dengan cara login melalui aplikasi, maupun dengan cara mengunjungi situs resmi yang telah disediakan melalui browser.

Info GTK dari para guru dan tenaga kependidikan bersumber dari data pokok kependidikan atau dikenal juga dengan nama Dapodik. Sistem Dapodik ini juga harus selalu tersinkron dengan data di kementerian pusat.

Selain mengecek info GTK, dengan login ke akun tersebut juga memungkinkan para guru dan tenaga kependidikan untuk melakukan verifikasi dan validasi akun, mengupdate profil guru. Bagi guru yang belum melakukan tes, melalui akun ini juga guru bisa melakukan pengecekan terhadap jadwal pre test Uji Kompetensi Guru. Sedangkan bagi yang sudah melaksanakan UKG, bisa mengubah data mata pelajaran yang diampu.

Semua itu terintegrasi pada satu sistem. Dan yang paling utama ialah pengecekan data dari info GTK yang nantinya digunakan sebagai prasyarat penerbitan SKTP atau Surat Keputusan Tunjangan Profesi, jika semua data pada info GTK telah terverifikasi dan valid.

Namun, untuk melakukan perubahan data pada info GTK, guru dan tenaga kependidikan tidak bisa langsung memperbarui lewat aplikasi SIM PKB. Guru dan tenaga kependidikan harus menghubungi operator sekolah terlebih dahulu guna melakukan pembaruan data GTK yang tertera di Dapodik sekolah masing-masing.

Untuk itu, para guru dan tenaga kependidikan diminta untuk lebih aktif dalam urusan pendataan tersebut, karena itu juga terkait dengan kewajiban serta hak mereka sebagai guru dan tenaga kependidikan.

Author