Kekurangan darah atau anemia tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena itu kita perlu untuk mencegahnya, dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan penambah darah. Ada berbagai makanan yang cocok untuk penambah darah paling efektif. Selain cocok bagi penderita anemia, makanan khusus penambah darah juga cocok bagi mereka yang tidakĀ  terkena anemia sehingga bisa menghindarinya. Lalu apa saja makanan tersebut? Berikut makanan penambah darah paling efektif.

Mengonsumsi Makanan Kaya Zat Besi

Zat besi memang sangat cocok bagi para penderita anemia. Selain mencegah, zat besi juga bisa menjaga kadar kebutuhan oksigen dalam tubuh. Bagi para penderita yang terkena anemia defisiensi besi, zat besi sangat berperan penting dalam menambah darah sehingga penderita bisa segera sembuh. Zat besi bisa diperolah dengan mengonsumsi makanan seperti daging merah dan sayuran hijau.

Vitamin B12

Peran vitamin B12 dalam tubuh adalah memproduksi sel darah merah dalamĀ  sumsum tulang belakang dan juga sebagai sintetis DNA. Penderita anemia bisa saja mengalami kekurangan vitamin B12 dan disebut sebagai anemia megaloblastik. Makanan yang cocok untuk menambah vitamin B12 adalah daging merah, telur, sereal, susu, dan lain sebagainya.

Asam Folat

Bisa juga dikenal sebagai vitamin B9, asam folat merupakan vitamin B kompleks dan berperan dalam membuat sel darah merah dalam tubuh. Kekurangan vitamin ini juga dapat menimbulkan kekurangan darah. Untuk mencegahnya, konsumsi makanan seperti roti, sereal, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Makanan Berprotein Tinggi

Sel-sel dalam tubuh tentu memerlukan protein yang menjadi bahan utama untuk berproduksi, begitu juga sel darah merah. Protein bisa dengan mudah ditemukan di berbagai makanan seperti daging, telur, ikan, juga kacang-kacangan.

Mengonsumsi makanan yang sehat kaya gizi dan nutrisi sangatlah penting bagi tubuh. Makanan sehat juga sangat berpengaruh, tidak hanya untuk mengobati anemia, tapi juga mengobati bahkan mencegah berbagai penyakit lain. Karena itu, biasakanlah dalam mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan gizi dan protein agar tubuh tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Author