Hampir setiap desa kini memiliki karang taruna. Merupakan sebuah organisasi yang menjadi wadah kegiatan dari masyarakat desa khususnya para generasi muda. Di organisasi ini para generasi muda akan di tampung ide dan karya mereka untuk bisa ikut memajukan dan mengembangkan desa mereka tercinta.

Namun setiap desa memiliki visi misi tersendiri yang mana hal tersebut membuat setidaknya tujuan atau fungsi utama dari di bentuknya organisasi pemuda dalam sebuah desa. Hal itu di maksudkan agar supaya nantinya setiap organisasi memiliki tujuan yang jelas yang diketahui setiap anggota mereka. Berikut ulasan singkat tentang kegunaan atau manfaat dari organisasi pemuda ini.

Beberapa Manfaat Karang Taruna Untuk Pengembangan Dan Kemajuan Desa Yang Harus Diketahui

Agar supaya karang taruna dalam setiap desa bisa mencapai tujuan atau cita-cita mereka maka dibuatlah panduan umum untuk membentuk organisasi tersebut. Di dalamnya mengatur banyak hal berkaitan dengan pendirian organisasi dan bagaimana menjalankannya agar hasilnya bisa maksimal dan terbaik. Berikut adalah beberapa manfaat dari adanya organisasi ini dalam sebuah desa.

Manfaat yang pertama adalah untuk memupuk jiwa kreatif dan semangat para generasi muda untuk membangun desa mereka. Di sini para pemuda di tuntut untuk memberikan sumbangsih mereka berupa pemikiran dan ide bagus yang bisa digunakan untuk mengembangkan dan memajukan desa mereka tersebut.

Kemudian fungsi yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan semangat kebersamaan. Adanya organisasi ini jelas akan membuat para generasi muda saling mengenal satu sama lain sehingga bisa bersama-sama menguatkan tekad bergotong royong demi kebaikan desa. Selain itu akan mempermudah pembuatan sistem informasi satu layanan yang lengkap dan akurat untuk pelayanan desa yang lebih maksimal.

Fungsi yang terakhir adalah sebagai tempat untuk pelatihan masyarakat khususnya untuk generasi muda. Akan ada banyak program pelatihan ketrampilan dan keahlian yang nantinya bisa mereka manfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan. Selain itu organisasi ini juga yang lebih dahulu tanggap dan peduli jika ada permasalahan sosial yang dihadapi oleh desa. Dengan begitu akan terbangun desa yang makmur, berkembang dan mandiri sesuai harapan masyarakat dengan bantuan karang taruna.

Author