Jantung merupakan salah satu organ dalam yang ada dalam tubuh manusia ataupun hewan yang dapat membantu mereka menjalani kehidupannya sehari-hari. Apabila jantung berhenti bekerja, maka bisa dikatakan bahwa manusia ataupun hewan tersebut meninggal atau mati. Fungsi dari jantung inilah yang dapat membuat manusia atau hewan tersebut bertahan hidup.

Katup Jantung

Tak ada salahnya jika Anda mencari tahu lebih dalam mengenai jantung itu sendiri. Well, jantung manusia dengan jantung hewan akan sangat berbeda satu dan yang lainnya. Untuk itu, mari kita bahas mengenai jantung manusia.

Pada jantung manusia, ada beberapa katup yang membantu jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Katup-katup tersebut berupa:

  • Katup mitral. Katup ini terletak di antara bilik kiri dan serambi kiri. Normalnya, katup ini memiliki dua daun katup yang biasa disebut juga sebagai katup bikuspid
  • Katup aorta. Katup ini terletak di antara batang nadi atau aorta dan bilik kiri.
  • Katup tricuspid. Katup ini terletak di antara bilik kanan dan serambi kanan. Katup ini memiliki tiga daun katup.
  • Katup pulmonalis, Katup ini terletak di antara arteri pulmonalis dan bilik kanan.

Apa Saja Bagian Jantung? Fungsinya?

Inilah beberapa bagian yang ada di jantung beserta fungsi-fungsinya:

  • Serambi kanan. Pada bagian jantung yang satu ini terdapat darah kotor. Darah kotor di sini berarti darah yang memiliki kekurangan oksigen. Tentunya, jantung di bagian ini berfungsi untuk menyalurkan darah ke bilik kanan.
  • Bilik kanan. Setelah darah kotor dikirim melalui serambi kanan, bilik kanan memiliki tanggung jawab untuk mengirim darah kotor ke paru-paru agar darah kotor bisa berubah menjadi darah bersih.
  • Serambi kiri. Bagian jantung yang satu ini bertugas untuk menerima darah bersih yang telah dikirim oleh paru-paru. Selanjutnya, darah bersih tersebut dipompa ke bilik kiri.
  • Bilik kiri. Bagian jantung yang satu ini memiliki ketebalan jantung yang paling tebal. Fungsinya sendiri yaitu memompa darah bersih ke seluruh bagian tubuh.

Itulah yang perlu Anda ketahui mengenai jantung. Jadi, sayangilah jantung Anda agar bisa berfungsi dengan baik.

Author