Anda berencana untuk membangun rumah? Atau sedang mendesain taman atau jalan di area rumah Anda? Tentu saja salah satu material yang paling Anda butuhkan saat ini adalah paving block. Harga paving saat ini sangat bervariasi tergantung dari jenis dan kebutuhan Anda. Apakah paving ini akan digunakan untuk taman, halaman, area parkir, jalan, atau garasi? Tentunya masing-masing area memerlukan jenis paving block yang berbeda.

Cara Memasang Paving Block

Pemasangan paving block sendiri sebenarnya tidak berbeda jauh seperti memasang ubin atau lantai keramik yang dilakukan secara indoor. Yang menjadi pembedanya adalah lantai ubin outdoor ini menggunakan bahan material yang berbeda. Cara memasang paving sendiri pertama Anda harus siapkan lahan yang hendak dipasangi paving terlebih dahulu. Bersihkan dari benda-benda yang mungkin bisa menjadi penghambat dalam pemasangan paving nantinya.

Setelah itu tanah harus diratakan. Dilihat juga tingkat ketinggian atau kemiringan tanah. Hal ini agar paving nantinya tidak bergelombang saat dipasang. Aliran air juga bisa lebih terkontrol dengan baik. Selanjutnya Anda membutuhkan abu batu untuk merekatkan antara paving yang satu dengan yang lain.

Harga Paving Block Sesuai Jenisnya

Harga paving block dari yang paling murah adalah jenis paving standar, dengan warna standar beton, berbentuk persegi panjang atau balok, dan memiliki ukuran ketebalan 600mm. Ini cukup jika Anda ingin memanfaatkan paving untuk keperluan taman, atau halaman rumah saja. Karena tidak dilalui kendaraan berat atau kendaraan ringan dengan lalu lintas padat. Namun jika Anda memerlukan paving untuk jalan setapak, jalan perumahan, atau yang lain, Anda perlu paving block dengan ukuran yang lebuh tebal. Tentu saja harganya juga lebih mahal. Namun kekuatan dari paving jenis ini lebih teruji untuk dilalui berbagai jenis kendaraan yang berlalu lalang.

Jika Anda memerlukan paving untuk menghias taman atau halaman rumah, Anda bisa memilih paving denganĀ  model atau desain yang lebih bervariasi. Harga paving jenis ini juga cenderung lebih mahal karena memiliki desain yang cenderung lebih unik dan warna yang lebih beragam. Untuk pilihannya Anda bisa menggunakan ubin set, atau grass block.

Author