Kemenristekdikti merupakan kementerian yang mengatur tentang salah satunya ialah pendataan perguruan tinggi dalam negeri beserta dengan mahasiswa yang terdaftar dalam perguruan tinggi dalam negeri tersebut. Data-data yang dikumpulkan dapat akses melalui situsnya resmi yang dirilis oleh tim dari kemenristekdikti. Dalam data tersebut dapat digunakan oleh Anda untuk cek data forlap dikti. Sehingga Anda tidak perlu risau lagi ketika Anda membutuhkan data untuk melakukan pencarian dan pendaftaran kerja.

Bagaimana Cara Mencari Data Perguruan Tinggi Di Dikti?

Untuk melakukan cek data forlap dikti Anda dapat melakukannya dimana pun Anda berada, karena hanya membutuhkan perangkat yang dapat tersambung dengan internet. Sehingga tidak menyita banyak waktu luang Anda. Adapun untuk mencari profil perguruan tinggi yang Anda ingin tahu, Anda pertama harus mengunjungi laman resmi dikti. Setelah itu Anda akan disuguhkan dengan tampilan khas dari sebuah web. Anda akan menemukan tulisan pencarian data di bar paling atas web tersebut dan akan disuguhkan beberapa pilihan submenu yang salah satunya ialah profil perguruan tinggi.

Apabila Anda menemukan pilihan tersebut, Anda tinggal klik pilihan dan akan menuju laman baru yang berisi kolom-kolom yang harus Anda isi. Kolom tersebut berisi kata kunci sebagai berikut: provinsi, lingkup koordinasi, jenis dan status perguruan tinggi, dan nama dari perguruan tinggi yang Anda cari tersebut. Setelah diisi sesuai dengan data yang ada, Anda diharuskan mengisi form pengaman untuk memastikan bahwa Anda bukanlah sebuah robot. Klik tulisan cari perguruan tinggi yang berada dalam kotak tersebut. Apabila data yang Anda tuliskan benar, maka akan muncul data mengenai perguruan tinggi yang Anda cari.

Apabila Anda ingin mengetahui data mengenai prodi yang menjadi minat Anda, Anda bisa kembali memilih menu yang ada di bar utama.  Kemudian Anda pilih kembali pencarian data dan pilih submenu profil prodi. Laman dalam profil prodi memiliki empat kolom yang harus Anda isi. Kolom pertama ialah nama dari perguruan tinggi yang ingin Anda ketahui prodinya. Lalu selanjutnya ialah kolom pemilihan jenjang dari prodi tersebut.

Setelah itu pada kolom ketiga Anda diharuskan untuk memasukkan prodi yang ingin Anda ketahui. Setelah kolom satu sampai kolom ketiga diisi, kolom keempat Anda harus mengisi data pengaman agar Anda tidak dikira sebagai sebuah robot. Selesai diisi, Anda tinggal mengklik tulisan cari prodi yang ada di kotak di bawah kolom pengaman sehingga Anda dibawa ke halaman yang memuat daftar prodi yang ingin Anda ketahui. Dengan cek data forlap dikti maka Anda bisa mengetahui banyak informasi.

Author