Alat ukur merupakan salah satu hal penting bagi manusia. Ada banyak sekali hal yang bisa diukur, namun pengukuran panjang dan ketebalan merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami. Dalam hal ini, ada beberapa jenis alat ukur untuk benda-benda kecil, yaitu jangka sorong dan mikrometer sekrup. Kali ini kami akan membahas mengenai bagian-bagian yang ada pada mikrometer sekrup. Cara membaca mikrometer sekrup merupakan salah satu hal penting bagi Anda. Pemahaman mengenai bagian-bagian yang ada pada mikrometer sekrup akan mempermudah Anda saat membaca hasil pengukurannya. Nah, dalam hal ini, Anda mungkin sudah mulai penasaran, bukan? Oleh karenanya, mari simak penjelasannya berikut ini agar Anda memperoleh informasi yang lengkap.

Bagian-Bagian Penting Mikrometer Sekrup

Banyak hal yang bisa dipahami dari alat-alat ukur ini. Dalam hal ini, mikrometer sekrup merupakan salah satu alat ukur yang paling menarik. Hal ini dikarenakan kemampuannya untuk memberikan pengukuran yang presisi dan akurat sehingga memudahkan pembacaan dengan mudah. Nah, sebelum mengetahui cara membaca mikrometer sekrup, Anda pun perlu memahami bagian-bagian mikrometer berikut ini:

  1. Landasan dan sekrup merupakan bagian yang sangat penting karena berperan sebagai benda yang menjepit benda yang Anda ukur panjang atau ketebalannya. Dengan menggunakan kedua benda ini, maka Anda akan memperoleh kenyamanan saat menghitung dan mengukur benda tersebut.
  2. Anda juga akan memperoleh skala utama yang terletak di lengan mikrometer. Hal ini bisa sangat berguna bagi Anda karena skala utama menampilkan ukuran benda yang sesuai dengan aslinya. Hal ini menjadi ‘kepala’ dari keseluruhan hasil pengukuran nantinya.
  3. Skala nonius yang ada pada timbal dibuat untuk memberikan rincian ukuran dari suatu benda. Hal ini sangat penting bagi Anda yang menginginkan nilai pengukuran yang presisi dan akurat. Anda bisa menghitungnya dengan mudah sehingga bisa memperoleh hasil yang sesuai.

Nah, itu tadi tiga bagian penting pada mikrometer sekrup yang bisa Anda gunakan untuk menghitung benda. Tidak hanya penting, namun ukuran-ukuran tersebut juga bisa dibuat dengan presisi sehingga lebih nyaman bagi Anda. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa membuka www.jeumula.com.

Author