Maia Chairul Tanjung adalah seorang pengusaha muda yang kesuksesannya patut kita tiru. Dalam usia yang masih terbilang muda beliau mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, sehingga sedikitnya bisa menekan pengangguran yang ada di Indonesia ini. Sifat dan kebudayaannya yang sangat religious ini, menjadi salah satu teladan yang bisa kita contoh. Karena setiap segala sesuatu yang kita lakukan, hakikatnya bisnis kita bisa sesukses sekarang itu tidak terlepas dari campur tangan yang maha kuasa. Maka dari itulah dengan selalu berdoa dan memohon pertolongan kepada yang maha kuasa, berdoa usaha kita selalu berada di jalan yang benar, diberikan kemudahan dan juga kesuksesan, serta tentunya dibarengi dengan usaha dan kerja keras dalam mengembangkan bisnis kita.

Kesuksesan yang dimiliki oleh pengusaha muda dan cantik Maia Chairul Tanjung ini merupakan sebuah buah hasil dari usaha kerja keras beliau mulai dari nol dia melakukan bisnis hingga sekarang yang sudah sangat maju. Ada banyak tips-tips yang bisa Anda coba ketika Anda akan membuka sebuah bisnis baru, untuk para pemula dan juga dengan modal awal yang minim atau tidak terlalu banyak, dan beberapa tips nya akan dibahas di bawah ini.

Tips-Tips Untuk Membuka Bisnis UKM Dengan Modal Yang Minim

Kita bisa mencontoh dari bisnis yang dilakukan oleh Maia Chairul Tanjung ini, dengan awal bisnisnya yang kurang terkenal dan kurang maju, setelah beberapa tahun berjalan barulah usaha atau bisnis nya menjadi sangat maju dan bahkan mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Tips-tips yang bisa Anda coba untuk membuka bisnis UKM dengan modal yang minim, yaitu:

  1. Siapkan modal dan pergunakan modal untuk bahan-bahan awal yang menjadi jenis bisnis Anda, apakah itu barang atau makanan, Anda harus membelanjakan modal awal Anda pada barang-barang yang sangat penting untuk usaha Anda. Jangan terlalu banyak membeli barang-barang yang belum di butuhkan untuk awal bisnis Anda.
  2. Tetap fokus dalam melakukan bisnis, Anda jangan mudah terprovokasi atau tergoda dengan usaha yang lain. Tetap fokus saja Anda mengembangkan dan memajukan usaha Anda tersebut dan jangan mengeluh meskipun Anda belum mendapatkan keuntungan besar dalam waktu yang singkat.
  3. Kita bisa mencontoh prinsip bisnis dari seorang Maia Chairul Tanjung, beliau selalu memiliki tekad dan niat yang sangat kuat dalam berbisnis. Dia yakin bahwa suatu saat usahanya akan maju dan mendapatkan keuntungan besar. Dan yang paling penting Anda selalu mengevaluasi segala kekurangan dalam bisnis Anda serta selalu mencatat secara rinci terkait masala-masalah yang dihadapi saat membuka bisnis tersebut.
Author