Bisnis adalah salah satu kegiatan usaha yang siapa saja pasti ingin memilikinya. Banyak yang berkata bahwa hidup kita akan jauh lebih menyenangkan ketika kita mampu mengelola usaha atau perusahaan milik kita sendiri. Tentu saja benar adanya, namun tidak semua orang berhasil mewujudkan mimpi mereka tersebut.

Kebanyakan dari mereka gagal mewujudkannya tersandung masalah niat, dan mental untuk memulainya. Meskipun nampaknya menyenangkan ketika dilihat dari luar, namun untuk mengembangkan dan merintis usaha dari awal bukanlah hal yang sepele. Justru dari sinilah suatu usaha diuji apakah bisa bertahan dan berkembang atau hanya jalan di tempat kemudian terpaksa gulung tikar.

Dilihat dari bagaimana pengorbanan yang dilakukan seorang pengusaha di awal untuk melancarkan dan mengembangkan bisnisnya, ini juga sama dengan pertaruhan yang serius. Dengan kata lain seorang pebisnis harus mau dan berani menanggung resiko. Baru setelah fase di awal tersebut dilewati, bisnis yang sudah bisa mengapung secara mandiri akan mulai bergerak perlahan-lahan menembus samudera.

Mempersiapkan dan Merintis Bisnis

Apa saja sebetulnya yang harus kita miliki agar kita bisa sukses dalam menjalankan usaha yang dirintis dari awal? Setidaknya Anda harus mempersiapkan beberapa mental berikut sebagai bekal utama Anda selain modal secara materi itu sendiri

  1. Niat yang kuat. Segala sesuatu harus diawali dari niat yang kuat. Jika Anda memulainya dengan niat setengah-setengah maka ketika usaha Anda mengalami sedikit kendala saja di awal maka Anda akan mudah menyerah dan memilih berhenti berusaha.
  2. Mental baja. Tidak hanya niat yang kuat, tapi Anda juga harus bermental baja. Dalam merintis usaha Anda tidak boleh mengenal kata gengsi dan malu, terutama untuk menawarkan produk dan jasa yang Anda miliki.
  3. Strategi yang tepat. Sebagus apa pun ide usaha Anda akan sia-sia jika ansa tidak imbangi dengan strategi brilian yang bisa mendukung perkembangannya. Sebagai pilihan Anda bisa menggunakan strategi bisnis model canvas, atau strategi lainnya yang tidak kalah bagus untuk Anda terapkan.
Author