Amerika terkenal dengan kehebatannya dalam berbagai hal, termasuk dalam hal olahraga.  Dengan status negara adidaya dan juga fasilitas yang sangat lengkap memungkinkan para warganya untuk melakukan berbagai macam aktivitas dengan mudah. Salah satunya adalah dalam olahraga. Jenis Olahraga yang Menggunakan Bola yang banyak digemari. Ada banyak olahraga yang populer di Amerika, seperti baseball, american football, sepakbola, dan yang paling terkenal adalah olahraga basket. Bahkan bisa dibilang bahwa Amerika adalah pencipta dari permainan bola basket. Maka tak heran jika basket sangat populer di sana.

 

Populernya Olahraga Basket Sekarang Ini

 

Kepopuleran basket sudah sangat mendunia. Basket juga termasuk dalam cabang olahraga yang masuk dalam ajang Olimpiade, di mana banyak negara ikut berpartisipasi dalam cabang bola basket ini. Sebagai negara asal dari permainan basket, tentu saja Amerika banyak diunggulkan, baik dari segi fisik maupun skill para pemainnya. Liga basket di Amerika, atau yang dikenal dengan NBA juga banyak diikuti oleh para pencinta basket di seluruh dunia. Di Indonesia juga demikian. Masyarakat Indonesia juga tak ketinggalan dalam mengikuti perkembangan basket.

 

 

Kepopuleran olahraga basket yang mendunia membuat banyak orang tertarik untuk melakukannya. Sebagian besar orang di Indonesia menjalani olahraga basket sebagai hobi. Karena perkembangan basket di Indonesia masih kalah dengan beberapa jenis olahraga lainnya. Walaupun begitu, basket tetaplah salah satu olahraga favorit. Indonesia juga memiliki kompetisi basket sendiri yang bernama IBL, di mana berbagai tim dari seluruh Indonesia ikut serta dalam kompetisi ini. Pemain basket Indonesia juga memiliki kemampuan yang cukup bagus, akan tetapi masih membutuhkan persiapan panjang, dan juga latihan yang lebih keras lagi untuk mampu bersaing dengan pemain-pemain kelas dunia.

 

Dari segi fisik, orang Indonesia masih kalah jauh. Olahraga basket memang lebih menguntungkan bagi orang yang memiliki postur tinggi, karena memang tinggi dari ring basket itu mencapai 2 meter lebih. Sedangkan tinggi rata-rata orang Indonesia jauh dari angka itu. Maka tak heran jika pemain basket Indonesia masih kesulitan untuk bersaing dalam dunia basket internasional. Akan tetapi kita tak seharusnya merasa kecil hati. Bagaimanapun olahraga basket merupakan olahraga tim. Jika kita mau melatih kemampuan dan juga kekompakan tim, saya rasa kita bisa memberikan perlawanan yang berarti. Bahkan mungkin kita bisa bermimpi untuk memenangi kompetisi besar di tingkat internasional.

 

Manfaat dari olahraga basket sangatlah banyak. Manfaat yang paling jelas dirasakan tentu saja adalah manfaat untuk kesehatan. Permainan basket memiliki batas waktu tertentu untuk penyerang. Tim yang menyerang hanya diberi waktu maksimal 24 detik untuk memegang bola dan melakukan tembakan ke ring. Jika melebihi waktu maka akan dianggap melanggar. Karena itulah pertandingan basket memiliki tempo yang tinggi dan sangat melelahkan. Baik sekali untuk melatih kemampuan tubuh Anda.

Author