Pada dasarnya setiap perusahaan pasti akan melakukan pelatihan-pelatihan terhadap karyawan yang bekerja di perusahaan. Tujuan adanya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kinerja dari setiap karyawan sehingga mampu menciptakan sistem kerja yang baik. Hal ini tentu akan mempengaruhi kualitas dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Pelatihan Kaizen merupakan salah satu pelatihan yang sangat cocok diterapkan oleh perusahaan.

Tujuan Dilakukan Pelatihan Kaizen

Hampir semua perusahaan yang ada di Jepang menerapkan Aktivitas ini dan perusahaan tersebut sangat maju. Pada dasarnya Kaizen merupakan hal-hal yang berusaha untuk fokus pada penyempurnaan dan pengembangan terus menerus dalam hal bisnis. Meskipun pengembangan ini dilakukan dalam tataran yang kecil akan tetapi apabila dilakukan dalam jangka waktu yang lama maka akan mampu meningkatkan kualitas dari perusahaan tersebut.

Sebenarnya sistem ini berasal dari Jepang yang awalnya dibentuk untuk membangun perekonomian Jepang yang awalnya terpuruk. Setelahnya banyak sekali negara-negara di dunia yang mengadopsi sistem ini untuk diterapkan di setiap setelahnya banyak sekali negara-negara di dunia yang mengadopsi sistem ini untuk diterapkan di setiap perusahaan. Biasanya perusahaan secara rutin melakukan pelatihan Kaizen untuk semua karyawan. Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perusahaan adalah dengan berpartisipasi dalam menyempurnakan sistem kerja.

Pada dasarnya tujuan dari Kaizen ini yakni untuk menghilangkan adanya pemborosan yang ada di dalam proses produksi. Biasanya terdapat biaya-biaya tersembunyi yang menyebabkan pemborosan sehingga dengan adanya training ini maka diharapkan para karyawan mampu menyadari adanya pemborosan tersebut. Dengan demikian maka sebisa mungkin pemborosan diminimalisasi atau bahkan dihilangkan. Prinsip ekonomi yakni dengan model yang sekecil-kecilnya dan mendapatkan untung yang sebesar-besarnya. Untuk itu pemborosan benar-benar harus dihilangkan.

Untuk itu pelatihan Kaizen sangatlah penting untuk dilakukan. Meskipun pada dasarnya untuk menciptakan kegiatan atau aktivitas Kaizen pada perusahaan itu tidaklah mudah seperti halnya teori dari sistem Kaizen ini. Namun aktivitas Kaizen bisa berjalan dengan lancar jika terdapat dukungan dari level teratas sebagai dasar untuk melakukan perbaikan terus menerus. Sementara proses perbaikan yang diterapkan sistem ini yakni menggunakan cara atau metodologi ilmiah sehingga analisis yang dilakukan pada perusahaan tersebut benar-benar akurat.

Author