Semua orang pasti sangat suka yang namanya ikan, apalagi ikan air tawar yang memiliki kandungan gizi dan protein yang baik untuk tubuh. Selain ikan lele ada ikan yang menjadi konsumsi utama masyarakat di negara kita yaitu ikan mujair.

Cara Membudidayakan Ikan Mujair

Usaha yang sedang dilirik oleh banyak wiraswasta adalah usaha ternak ikan, ikan yang biasanya diternakkan adalah ikan mujair. Ikan ini memang memiliki nilai ekonomi yang lumayan tinggi, untuk satu kilo saja bisa dihargai 20 ribu. Jadi usaha ternak ikan mujair ini memang menjanjikan untuk dijalani dan jika ingin sukses berternak ikan ini maka lakukanlah cara berikut.

  • Memilih Bibit Ikan

Usaha ternak ini akan berjalan lancar apabila dalam pemilihan bibit dilakukan dengan benar, memilih bibit ikan mujair itu sangat mudah. Kita tinggal memilih bibit ikan yang masih kecil, untuk ukuran yang cocok adalah sebesar korek gas. Karena daya hidup ikan untuk ukuran tersebut itu kuat dan tidak mudah mati meskipun ganti kolam. Selain itu untuk ukuran segitu tinggal menunggu satu bulan saja sudah bisa berkembang biak.

  • Memilih Kolam

Jika ingin berternak ikan maka pemilihan kolam yang akan digunakan akan berperan penting dalam usaha ini. Untuk kolam yang cocok digunakan adalah kolam yang tidak dalam dan juga memiliki saluran air yang lancar. Ikan mujair akan cepat besar apabila kedalaman kolam itu cukup dan kapasitas air juga tidak terlalu banyak, jika kolam terlalu dalam membuat ikan ini sulit berkembang karena oksigennya itu kurang.

  • Memilih Pakan

Jika bibit sudah ada dan kolam sudah dibuat maka kita harus memilih pakan yang akan diberikan ke ikan. Untuk pakan yang cocok adalah pelet, pelet ini juga bukan sembarang pelet harus yang sesuai dengan umur ikan. Jangan sampai memberikan pelet ukuran besar kepada bibit mujair karena akan sulit dimakan dan ini malah akan membuat kolam kotor. Pilihlah pelet ukuran sedang saja karena lebih mudah dimakan dan kandungan gizi di pelet ini lebih mudah diserap.

Author