Tinggal di daerah wisata seperti Jogja tentu saja merupakan hal yang menyenangkan karena akan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Namun tinggal di daerah tersebut juga bisa membawa keuntungan terlebih lagi jika kita mampu melihat peluang usaha yang ada. Selain tempat penginapan, usaha lain yang tidak kalah menguntungkan adalah jasa sewa motor.

Memulai Usaha Sewa Motor

Banyak sekali wisatawan yang datang ke Jogja dengan tidak membawa kendaraan pribadi, maka sewa motor bisa menjadi alternatif pilihan mereka. Bagi kalian yang tertarik memiliki usaha ini jangan khawatir karena ada beberapa kiat yang harus kalian perhatikan. Pertama sebelum kalian memulai usaha ini pastikan kalian memilih tempat usaha yang strategis. Semakin strategis tempat usaha kalian maka akan semakin mudah para konsumen untuk menemukannya.

Lokasi strategis yang bisa kalian pilih seperti daerah dekat stasiun, terminal, bandara, universitas dan tempat lainnya. Kemudian untuk mempromosikan usaha kalian jangan lupa memberikan layanan tambahan berupa antar kendaraan langsung ke konsumen. Hal ini tentu saja sangat berguna terlebih lagi jika konsumen baru pertama datang ke Jogja dan belum mengenal daerahnya dengan baik. Jangan lupa juga gencar mengiklankan usaha kalian, kalau perlu buatlah website agar konsumen lebih mudah dalam melakukan transaksi dengan kalian.

Untuk pelayanan ekstra kepada pelanggan sediakan juga helm serta jas hujan untuk kenyamanan mereka selama menyewa motor. Kemudian langkah selanjutnya yang paling penting dilakukan untuk menjaga keamanan motor yaitu dengan cara memasang GPS. Pemasangan GPS ini dilakukan agar kalian sebagai pemilik tahu dimana keberadaan motor secara pasti dan untuk mencegah tindak pencurian.

Jangan lupa juga minta identitas penyewa sehingga jika terjadi sesuatu kalian bisa menggunakan identitas tersebut untuk mencari mereka. Kalau perlu buatlah surat perjanjian yang berisi kewajiban dan hak dari seorang penyewa. Perjanjian tersebut berguna jika suatu saat terjadi kerusakan pada motor sewaan. Sehingga para pengemudi tahu kerusakan yang seperti apa yang harus mereka bayar dan tidak. Dengan begitu kedua pihak tentunya tidak saling dirugikan.

Author