Peluang usaha jasa sebenarnya cukup bagus, jika Anda memiliki keterampilan lebih. Sekarang ini ada peluang cukup bagus bagi Anda yang ingin memperoleh pemasukan dengan memulai usaha jasa menjahit rumahan. Usaha ini masih mempunyai peluang untuk meraih kesuksesan yang sangat bagus dan cerah. Target pasar dari usaha menjahit rumahan ini juga cukup luas, mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Usaha Jasa Menjahit Rumahan yang Tak Lekang Oleh Waktu

Resiko menjalankan usaha menjahit rumahan juga tak terlalu besar sebab bisa dilakukan di rumah tentunya. Selama selera pasar dalam hal busana meningkat, maka usaha menjahit rumahan ini akan tetap ada dan tak akan pernah mengalami penurunan. Untuk mengawali usaha ini juga tak terlalu sulit. Langkah awal yang Anda lakukan adalah mengikuti kursus keterampilan menjahit, seandainya Anda tak mempunyai keterampilan ini.

Lalu Anda perlu membeli mesin jahit berkualitas bagus. Bila diperlukan, Anda pun bisa merekrut penjahit yang memiliki potensi dan mencari referensi tentang model-model pakaian sebanyak mungkin. Nah itu tadi beberapa langkah simpel yang harus Anda lakukan untuk bisa meraih kesuksesan dalam usaha menjahit rumahan ini.

Untuk menambah inspirasi, berikut ini contoh analisis usaha jasa menjahit rumahan seperti dikutip dari buku “Pengangguran Kaya Raya” yang ditulis oleh Wildan Fatoni.

Modal Investasi Awal:

  • Mesin jahit (baru dengan harga terjangkau) Rp 1.500.000,-
  • Mesin obras (baru dengan harga terjangkau) Rp    000,-
  • Perlengkapan jahit Rp    000,-
  • Total Rp 2.500.000,-

Biaya operasional per bulan

  • Perlengkapan jahit Rp 100.000,-
  • Listrik, telepon, biaya lainnya Rp 200.000,-
  • Total Rp 300.000,-

Asumsi pemasukan per bulan

Diasumsikan Anda memperoleh pesanan 15 pakaian dengan biasa jasa per pakaian Rp 100.000. Sehingga pendapatan setiap bulan menjadi Rp 1.500.000. Sementara untuk keuntungan, pendapatan per bulan Rp 1.500.000,- dikurangi biaya operasional sebesar Rp 300.000. Sehingga keuntungan yang diraih menjadi Rp 1.200.000,- per bulan.

Namun untuk diketahui bahwa analisis usaha jasa menjahit rumahan ini bisa berubah sewaktu-waktu dan sesuaikan dengan biaya atau harga lainnya di daerah Anda. Mengenai pendapatan juga sangat tergantung dari jumlah pesanan yang diperoleh dan dapat diselesaikan selama satu bulan.

Author