Ketika kita menjadi mahasiswa, kita dituntun untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa. Selain itu, kita juga diwajibkan untuk menjadi pribadi semakin bertanggung jawab dan mandiri. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi seorang mahasiswa ketika mereka mampu menghidupi diri mereka sendiri sebagai mahasiswa. Oleh karena itu, sekarang ini banyak sekali usaha-usaha kecil yang dimiliki oleh mahasiswa.

Proses Hidup Mandiri

Membuka usaha ketika kita menjadi seorang mahasiswa adalah keputusan yang cukup berani. Apalagi jika kita adalah mahasiswa rantau yang tinggal jauh dari keluarga. Namun, sebagai mahasiswa rantau tentunya kita dituntut untuk hidup mandiri dan mulai sedikit tidak bergantung kepada orang tua. Itulah alasan utama mengapa banyak mahasiswa yang kemudian menjadi seorang pengusaha. Nah, di artikel ini kita akan membahas jenis-jenis usaha yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa

  • Jualan Barang atau Makanan

Jenis jualan barang dan makanan merupakan salah satu jenis usaha yang sering dilakukan oleh mahasiswa. Jenis usaha semacam ini dipilih karena terbukti mudah dilakukan dan tidak menyita banyak waktu. Barang-barang yang dekat dengan mahasiswa seperti, pakaian, kado untuk wisuda atau ulang tahun, dan voucher game dan sebagainya adalah contoh beberapa barang yang bisa kita jadikan barang dagangan. Hal ini karena barang-barang tersebut adalah barang-barang yang dekat dengan mahasiswa sehingga kita tidak akan susah dalam mencari pelanggan. Sedangkan jualan makanan cukup menyita banyak waktu kita sebagai mahasiswa apalagi kalau kita harus mengolah makanan kita sendiri.

  • Jualan Jasa

Selain usaha makanan dan barang, kita juga dapat menjual jasa berdasarkan keterampilan kita masing-masing. Jika kalian memiliki skill atau ketrampilan dalam memotong rambut, atau mengajar bahasa asing. Kalian wajib mencoba mengembangkan ketrampilan kalian tersebut menjadi sebuah usaha yang setidaknya dapat membantu kalian dalam segi ekonomi. Namun, jika kalian merasa tidak memiliki skill atau ketrampilan yang terlalu menonjol, kalian bisa membuka usaha jasa yang lain seperti cuci motor, membersihkan kosan, mengantar barang dan lain sebagainya.

Membuka usaha di saat menjadi mahasiswa adalah keputusan yang cukup berani karena kita akan memiliki dua kesibukan yaitu sebagai pelajar dan pengusaha. Namun apa pun usaha yang kalian pilih, tetap utamakan pendidikan kalian karena tugas utama mahasiswa adalah belajar. Nah, itulah jenis-jenis usaha yang bisa dilakukan ketika menjadi mahasiswa. Semoga bermanfaat.

Author