Bangunan rumah untuk tempat tinggal memang pada umumnya memilih untuk penggunaan bahan material bangunan plafon kalsiboard. Hal tersebut dikarenakan pertimbangan kemungkinan jika nantinya terjadi kebocoran pada bagian gentengnya. Sering kali hujan yang deras dan terus menerus membuat rumah kita bocor, tentunya hal tersebut sangat mengganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu solusinya yaitu dengan menggunakan bahan material bangunan plafon jenis kalsiboard.

Jenis Plafon Dari Segi Kebocoran

Jika memang plafon terletak langsung di bagian bawah beton, baik halnya jika memakai bahan material bangunan plafon jenis gypsum. Hal tersebut dikarenakan memang tidak berhubungan dengan air secara langsung. Tetapi, pada lantai yang paling atas atau yang berhubungan dengan genteng secara langsung, maka lebih memakai bahan material bangunan plafon jenis kalsiboard.

Memang banyak hotel-hotel yang tetap memakai bahan material bangunan plafon jenis gypsum. Hal tersebut dikarenakan dari kualitas genteng hotel yang digunakan lebih bagus. Sementara, pada rumah-rumah yang bersifat pribadi, biasanya memakai genteng dengan kualitas yang tergolong agak rendah. Maka dari itu, kemungkinan bocor pada genteng rumahan tersebut lebih tinggi.

Di samping itu, pemeliharaan bahan material bangunan plafon kalsiboard juga lebih mudah. Jika memang bahan material bangunan plafon jenis kalsiboard terkena air, maka cukup diamplas noda dari bekas air tersebut. Setelah itu, tinggal langsung saja dicat lagi. Sementara untuk bahan material bangunan plafon jenis gypsum, jika plafon tersebut terkena air, maka harus dipotong pada bagian tersebut. Setelah dipotong, harus ditambal kembali dengan memakai bahan material bangunan plafon jenis gypsum yang baru. Setelah itu, baru dapat dicat kembali.

Bahan dasar dari bahan material bangunan plafon jenis kalsiboard yaitu semen, pasir silika dan juga serat jenis selulosa. Maka dari itu, banyak bahan material bangunan plafon jenis kalsiboard yang tahan terhadap air, dan tidak mudah dimakan rayap. Selain itu, bahan material bangunan plafon kalsiboard juga tidak gampang lapuk serta tidak mudah terbakar juga oleh api. Semoga artikel tentang bahan material bangunan plafon jenis kalsiboard, semoga bisa bermanfaat.

Author