Orang sangat sering meremehkan soal tempat sampah, apalagi orang yang tinggal di kompleks perumahan. Sedikit sekali warganya yang memiliki tempat sampah, terkadang mereka hanya membuangnya di depan rumah dengan plastik lalu menunggu pengumpul sampah perumahan yang mengambilnya. Tentu saja itu tidak baik bagi kerapihan lingkungan serta kebersihannya. Saat ini, mulai beralihlah ke penggunaan tong sampah fiberglass. Apa sebetulnya tempat sampah fiber ini?

Perbedaan Tong Sampah Fiber dengan Plastik

Tempat sampah fiber merupakan tong sampah yang terbuat dari bahan fiberglass. Sepintas terlihat mirip dengan tong sampah yang terbuat dari plastik, namun bahan fiber ini sebetulnya berbeda dengan plastik. Terlihat dari luar tong sampah fiberglass memiliki permukaan yang sangat halus, namun di bagian dalam tong sampah agak kasar karena berisi serat-serat fiberglass.

Sedangkan untuk bahan plastik cenderung bagian dalam maupun luarnya nampak halus. Fungsi dari serta yang terdapat pada fiberglass tersebut mampu menahan zat-zat kimia oleh bakteri yang dikeluarkan oleh sampah buangan, sehingga dapat lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.

Fungsi dari Tong Sampah

Tempat sampah juga memiliki fungsi yang besar bagi kehidupan umat manusia, yaitu dapat mencegah bencana alam. Bayangkan jika banyak sampah-sampah yang dibuang sembarangan atau tidak pada tempatnya, pasti lama-kelamaan akan teraliri oleh air hujan dan masuk ke dalam saluran air, sehingga menyumbat mengalirnya air. Pada akhirnya akan menyebabkan banjir atau genangan air. Tentunya yang akan dirugikan adalah manusia sendiri karena akibat dari kelalaian yang mungkin dianggap remeh.

Selain itu tempat sampah juga berfungsi untuk membuat lingkungan terlihat bersih, rapi, dan cantik. Semua orang ingin lingkungan atau sekeliling rumahnya terlihat bersih dan terawat. Penggunaan tempat sampah ini juga sangat berpengaruh terhadap keadaan lingkungan sekitar. Selain itu, tempat sampah juga dapat mencegah terjangkitnya berbagai penyakit akibat dari bakteri yang menyebar akibat dari sampah yang jika berceceran akan menyebar luas.

Tong sampah fiberglass telah banyak dijual di berbagai kota, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dimana harus mencari tong sampah tersebut, selain kuat, tong sampah ini juga tahan lama.

Author