Hidup dilingkungan perguruan tinggi adalah salah satu hal yang menguntungkan. Anda bisa menangkap berbagai peluang usaha rumahan. Mulai dari usaha kontrakan, warung makan, fotocopy dan print, isi ulang air minum hingga usaha laundry. Laundry adalah salah satu jenis usaha yang sangat cocok diterapkan dilingkungan mahasiswa. Kesibukan mereka membuat mereka tidak sempat untuk mencuci baju. Untuk itu mau tidak mau mereka harus laundry.

Untuk membuka usaha laundry sebagai peluang usaha rumahan, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satunya adalah sistem pembuangan limbah laundry yang Anda hasilkan. Jangan sampai limbah tersebut mengotori lingkungan sekitar dan menyebabkan pencemaran. Jadi, ini adalah PR terbesar Anda jika membuka laundry.

Empat Hal Dasar Untuk Membuka Usaha Laundry

Selain sistem pembuangan limbah, ada beberapa hal lain yang harus Anda pahami yaitu:

  • Memahami jenis noda

Noda yang ada pada baju setiap konsumen tentu berbeda-beda. Anda harus bisa membedakan setiap noda dan mengetahui cara untuk membersihkan noda tanpa merusak kain.

  • Mengetahui cara mencuci

Laundry memang menggunakan mesin cuci. Namun, terkadang ada beberapa jenis kain yang memerlukan cara pencucian secara khusus. Jadi Anda harus bisa mengetahui bagaimana cara mencuci sekaligus mengeringkan yang baik dan benar.

  • Menggunakan peralatan standar

Sebenarnya tidak ada standar peralatan khusus untuk sebuah mesin cuci ataupun peralatan lain pada sebuah usaha laundry. Namun, pastikan peralatan tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Memahami cara menyetrika yang benar

Usaha laundry biasanya sekaligus menyediakan jasa setrika. Menyetrika juga harus dilakukan dengan benar. Karena jika terlalu panas, akan merusak jenis, desain, dan model baju.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membuka usaha laundry. Hal-hal lain mengenai tips memulai bisnis bisa Anda buka di www.siapbisnis.net.  Anda akan membaca kiat-kiat dasar yang harus dipersiapkan ketika mulai berbisnis seperti promosi, strategi dan manajemen keuangan untuk membuka usaha. Anda juga akan membaca beberapa jenis usaha lain yang bisa dilaksanakan oleh ibu-ibu rumah tangga.

Author