Banyak orang percaya manfaat daun sirih bisa menyembuhkan penyakit seperti batuk karena masuk angin. Racikan obat herbal ini sangat ampuh lagi minim efek samping dan aman untuk siapa saja. Meski sekarang banyak sekali obat herbal dalam bentuk kapsul, tidak ada salahnya jika kita melestarikan racikan turun temurun dari leluhur. Memanfaatkan ekstrak daun sirih sudah lama digunakan orang sebagai obat herbal. Namun, bagaimana cara membuatnya? Mari simak cara membuat obat herbal dari daun sirih.

Rebusan Berkhasiat Daun Sirih

  1. Menggunakan air mendidih

Siapkan dulu air dan rebus hingga mendidih. Ambil kira-kira 500 ml dan gunakan air yang benar-benar bersih dari kuman dan bakteri. Didihkan air hingga benar-benar mendidih, namun jangan matikan api.

  1. Ambil daun sirih segar

Agar bisa merasakan manfaat daun sirih secara optimal, pilihlah daun yang segar atau baru dipetik. Bila perlu pilih daun muda agar hasilnya lebih baik. Masukkan daun sirih ke rebusan air tadi, dan diamkan beberapa menit hingga air berubah warna kecokelatan.

  1. Tanpa gula

Air hasil rebusan daun sirih memang akan terasa pahit. Namun sangat dianjurkan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis buatan. Cukup minum rebusan air tadi tanpa ada tambahan apa pun agar manfaatnya lebih terasa

  1. Saring hasil rebusan

Sebelum diminum tentu harus buang dulu sisa-sisa daun atau kotoran yang mungkin masih tertinggal. Jangan terlalu lama melarutkan daun setelah direbus karena rasanya akan lebih pahit dan kurang segar.

  1. Gunakan madu atau lemon

Gula biasa memang bisa menimbulkan masalah seperti diabetes dan lainnya. Namun jika Anda tidak suka dengan rasa pahit, tambahkan madu alami atau perasan lemon yang akan membuat rasanya menjadi lebih enak tanpa harus mengurangi khasiat dari rebusan daun sirih.

Jika Anda terkena batuk, segera siapkan rebusan daun sirih untuk mengobatinya. Rebusan tersebut bisa Anda minum secara rutin agar batuk segera hilang. Manfaat daun sirih sebagai obat batuk akan sangat terasa dan tidak memiliki efek samping atau bahan pengawet.

Author