Anda sedang sakit pinggang? Jangan langsung konsumsi obat-obatan yang justru menimbulkan efek samping baru yang justru dapat merusak kesehatan. Umum sudah banyak tersebar dalam berbagai media informasi bahwa penggunaan obat anti nyeri yang cukup panjang dan lama dapat menyebabkan kerusakan pada lambung dan ginjal.

Tips Meredakan Sakit Pinggang Dengan Aman

  1. Biasakan minum susu khusus dengan kadar kalsium yang cukup tinggi. Makanan yang kaya akan kalsium sangat membantu memperbaiki pembentukan tulang dan mencegah resiko osteoporosis. Selain itu dengan banyak mengonsumsi sayuran berdaun hijau, keju, dan yoghurt, kebutuhan akan kalsium yang sangat diperlukan oleh tulang akan tercukupi dengan sendirinya. Manfaatkanlah juga tulang ikan yang mengandung kalsium cukup tinggi. Masaklah tulang ikan dengan cara dipresto atau dibuat pepes agar tulangnya menjadi lunak dan dapat dikonsumsi langsung.
  2. Sebagian besar orang percaya bahwa dengan melakukan terapi panas dapat membantu meredakan sakit pinggang. Boleh saja hal ini dilakukan, hanya saja bagi yang memiliki kulit agak sensitif terhadap panas cara ini dapat menyebabkan kulit rasa terbakar karena terapi panas ini dilakukan dengan cara menempelkan kantung berisi air panas pada titik nyeri di punggung selama 20 menit.
  3. Ternyata teh chamomile memiliki kandungan yang dapat menenangkan serta mengendurkan otot-otot yang tegang. Minumlah teh ini seperti meminum teh pada umumnya secara rutin.
  4. Terapi ramuan dapat juga dilakukan apabila nyeri pinggang sudah sangat tidak tertahankan.
  • Siapkan bahan-bahan berupa : jahe satu ruas besar, 1-3 siung bawang putih, 1 batang serai ukuran besar ambil bagian paling bawahnya saja (bonggol), ½ sendok teh lada hitam bubuk, dan air kira-kira dua gelas.
  • Kupas rempah yang berkulit, bersihkan dan geprek sedikit. Masukkan semua bahan ke dalam satu wadah dan aduk. Diamkan kurang lebih setengah jam kemudian rebus hingga mengeluarkan asap (jangan sampai bergolak).
  • Ambil handuk kering, rendam dalam air ramuan yang sudah berasap, peras dan kompres pada bagian punggung yang sakit. Ketika air sudah dingin, buang airnya dan bungkus semua bahan dalam handuk dan tempelkan pada titik punggung yang sakit.
  • Lakukan rutin pada malam hari sebelum tidur.
Author