Paving block biasa digunakan untuk menutup jalan sehingga jalan mudah dilewati. Namun, selain berfungsi sebagai penutup jalan layaknya aspal, bahan bangunan ini sekaligus menjadi dekorasi dari jalanan itu sendiri. Banyak sekali kawasan perkantoran, perumahan dan perdagangan yang memilih bahan bangunan ini sebagai penutup jalan dibandingkan dengan aspal. Maka dari itu banyak sekali toko bangunan yang jual paving sebagai andalan toko mereka.

Kelebihan penggunaan paving

Adapun mengapa banyak sekali yang menjual bahan bangun ini adalah karena banyaknya kelebihan. Kelebihan produk ini antara lain mudah perawatannya, banyak coraknya dan mudah pemasangannya. Bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau bahan hidrolis lainnya dengan air dan agregat ini sering dijumpai dengan berbagai corak dan ukuran sesuai kebutuhan.

Keuntungan jual paving pun tidak sedikit. Setidaknya penjual bisa mengantongi beberapa persen dari penjualan bahan bangunan ini. Selain itu, bahan bangunan ini dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan aspal sebagai penutup jalan.

Adapun mengenai kelebihan bahan bangunan ini berikut penjelasannya:

  • Mudah perawatannya

Sebenarnya tidak ada perawatan khusus untuk penggunaan paving block. Anda hanya perlu membersihkan seperti menyapunya dan menyiramnya untuk menyingkirkan debu yang menempel.

  • Pemasangan yang mudah

Pemasangan paving block tidaklah susah. Anda hanya perlu mengatur sedemikian rupa membentuk pola yang Anda inginkan. Jika Anda ingin membentuk suatu pola, Anda perlu mengaturnya terlebih dahulu atau membuat perencanaan tata letak. Barulah jika sudah sesuai kebutuhan dan selera Anda, paving block siap di pakai.

  • Banyak corak

Banyak sekali corak dan bentuk paving block. Corak dan bentuknya meliputi segi empat, segi panjang, segi lima dan masih banyak lagi. Bahkan terdapat bentuk bintang dan bentuk-bentuk lainnya.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, banyak toko yang jual paving demi memenuhi permintaan pasar. Para pembeli pun bisa memesan sesuai dengan keinginan mereka mengenai bentuk dan corak. Hal ini jelas menjadi nilai tambah dari bahan bangunan ini. banyak corak, unik dan ramah lingkungan selalu menjadi prioritas produk bahan bangunan ini.

Author