Musim pancaroba semakin dekat. Cuaca yang berganti-ganti dan musim yang tidak menentu membuat banyak orang pada akhirnya mudah terkena penyakit seperti batuk dan pilek. Hal tersebut tentu saja cukup mengganggu terutama bagi yang sedang menjalani aktivitas rutin setiap hari. Ya, meskipun rajin menjalani pola hidup sehat, nyatanya penyakit langganan ini tetap saja bisa menyerang.

Mudahnya Membuat Ramuan Kencur untuk Redakan Batuk

Lalu bagaimana menyembuhkan penyakit batuk baik yang berdahak maupun batuk kering? Biasanya, orang akan lari ke dokter atau apotek untuk mencari obat yang pas. Namun ternyata, ada cara yang lebih sederhana dan murah, yakni dengan menggunakan kencur. Ya, tanaman rempah yang banyak dibudidayakan ini dipercaya menjadi salah satu bahan tradisional yang mampu menyembuhkan seseorang dari penyakit batuk. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

  • Siapkan 100 gram kencur, secangkir air, dan garam secukupnya. Masak air sembari memarut kencur hingga halus. Selanjutnya, masukkan parutan tersebut dalam air dan rebus hingga mendidih. Kemudian, saring ramuan tersebut dan minumlah dua kali sehari, seperti pagi hari dan sore hari.
  • Ramuan ini juga dapat dibuat dengan cara yang cukup sederhana. Siapkan beberapa gram kencur dan sedikit garam. Jangan lupa untuk memilih kencur yang terbaik dan masih utuh. Bersihkan dan cuci dengan air bersih dan mengalir. Selanjutnya, parut kencur tersebut, lalu peras dan ambil sarinya. Setelah itu, masukkan sejumput garam dan tambahkan air lalu aduk hingga rata.
  • Anda juga dapat meramu kencur dengan madu agar lebih manjur. Siapkan saja beberapa buah kencur, kupas lalu cuci bersih. Kemudian Anda dapat menumbuk atau memarutnya untuk mendapatkan sarinya. Selanjutnya peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Tambahkan air agar tidak terasa pekat dan minum secara rutin.

Itulah beberapa variasi cara meramu kencur dengan sangat mudah untuk menyembuhkan batuk. Tentunya, Anda dapat menggunakan ramuan ini untuk meredakan batuk berdahak yang pastinya sangat merepotkan. Disarankan juga untuk tetap beristirahat agar batuk bisa segera sembuh.

Author